October 16, 2017

Tips Mengambil Gambar di Internet Secara Legal




Pernahkah anda mengambil suatu gambar di internet untuk dimasukkan ke dalam artikel blog anda? Semisal dari google images, blog lain, atau website lain. Namun tahukah anda? Mengambil gambar di internet tidak bisa dilakukan secara sembarangan.

Mengapa begitu? 

Selama ini saya download gambar di internet tak pernah ada masalah kok. Memangnya ada aturannya? Jangan salah.. semua ada aturannya Sebenarnya tak semua gambar yang anda liat di internet bebas anda unduh seenaknya. Setiap gambar pasti memiliki hak cipta di dalamnya. Mungkin sekarang anda tak merasakan dampak atas tindakan anda, namun suatu saat anda bisa dituntut oleh si pemilik gambar tersebut karena mengunduh dan mengambil gambarnya secara sembarangan tanpa izin dari dia.

Untuk itu sebaiknya anda lakukan tips mengambil gambar internet berikut ini untuk meminimalisir anda agar tidak terkena masalah UU Hak Cipta.

1. Jangan Mengunduh Gambar Tanpa Memasukkan Link Sumbernya 

Ketika anda diberi tugas makalah, atau anda membuat artikel untuk blog anda jangan sekali kali tidak mencantumkan sumber gambar ketika gambar tersebut telah anda masukkan ke dalam makalah atau blog anda. Dengan mencantumkan sumber gambar menunjukkan anda  menghargai gambar yang telah dibuat oleh orang tersebut.


2. Tips Ambil Gambar di Google Images 

Tips mengambil gambar internet berikutnya ini berkaitan tentang pengambilan gambar di google images yang biasa kita lakukan. Kembali ke paragraf awal, sebenarnya setiap gambar yang ada di internet memiliki hak cipta dan tidak bisa kita ambil secara sembarangan. Namun ada cara aman yang bisa anda lakukan ketika anda ingin mengunduh gambar di google images. Bagaimana caranya? Pilihlah images dengan kategori "label untuk digunakan ulang". Karena gambar tersebut memang benar-benar bebas hak cipta.

3. Mengambil Gambar  Di Situs Penyedia Gambar Gratis

Sepertinya selama ini anda sering mengambil gambar di google images bukan? Sebenarnya anda bisa mengambil gambar di web lain seperti pixabay. Mengambil gambar di pixbay bisa anda unduh tanpa perlu khawatir terkena masalah uu hak cipta Karena memang gambar disana bebas untuk di download dan bebas dari hak cipta.

4. Meminta Izin Langsung ke Pemilik Gambar

Tips terakhir yang bisa Anda anda lakukan ketika mengambil gambar di internet yaitu dengan meminta izin langsung ke pemilik gambar. Cara ini dinilai paling aman ketika anda ragu apakah gambar yang anda unduh mengandung hak cipta ataukah tidak.

Ibarat mau mengambil sesuatu, harus ijin dulu ke yang punya bukan? Anda bisa meminta izin melalui web tersebut atau bisa melalui email jika anda mengetahuinya.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengambil gambar di internet yang legal tanpa hak cipta.

Ingat! Jangan sembarangan mengambil gambar di internet, karena pada dasarnya setiap gambar di internet memiliki hak cipta yang bisa berujung penjara jika anda mengambilnya sembarangan. Sekian artikel tentang tips mengambil gambar internet dan semoga bermanfaat. 

2 komentar

Aku biasa mencantumkan sumber gambar dan mengundurkan gambar yang disediakan gratis saat download gambar. Kalau izin gak sukanya direspon lama sama empunya

Sama, saya pun juga gitu. Sambil diedit2 sedikit

Komentarlah yang sopan
Jangan spam
Dilarang gunakan link aktif
Dilarang komentar yang menyinggung SARA dan berkonten negatif

Terima kasih :)