October 9, 2017

Tips Agar Artikel Muncul di Pencarian Google




Ketika anda memiliki blog ataupun sebuah website pasti anda menginginkan artikel yang anda buat di blog atau website tersebut banyak dikunjungi banyak orang bukan? Tetapi pada kenyataannya memang tidak mudah artikel kita bisa dikunjungi orang lain kecuali kita memang menyebarkan link artikel kita ke media-media sosial seperti facebook dan twitter.

Tidak mudah bukan berarti tidak bisa, karena pada dasarnya artikel yang kita buat tetap bisa mendapatkan kunjungan secara manual melalui search engine. Bagaimana caranya? Yang pasti artikel kita harus muncul di pencarian google, lebih baik lagi jika bisa muncul di halaman pertama. Tetapi bagaimana agar artikel kita bisa muncul di pencarian google? Berikut penulis bagikan bagaimana tips agar artikel muncul di pencarian google

1. Pastikan Akun Blogmu Terindex Oleh Google

Ketika kita memiliki sebuah akun blog, tak peduli berapa pun banyak artikel yang anda buat tetapi akun blog anda tidak terindex oleh google maka sampai kapanpun blog anda tidak akan pernah muncul di pecarian google. Untuk mengecek apakah akun blog kita telah terindex oleh google yaitu dengan menuliskan site:(nama blog kamu) di pencarian google. Jika blog sudah muncul itu menandakan blog sudah terindex oleh google. Bagaimana cara supaya akun blog terindex oleh google? Anda bisa mendaftarkan akun blog anda ke google search console. Untuk cara selengkapnya bisa anda cari di google karena sudah banyak yang membahas hal tersebut.

2. Buatlah Artikel Unik dan Tidak Plagiat
Isi artikel sangat berpengaruh apakah kita artikel kita bisa muncul di pencarian google ataukah tidak. Sebisa mungkin kita harus membuat artikel yang orisinil tanpa copy paste satu kalimat pun agar google mau menempatkan artikel kita di halaman pertama search engine. Selain itu buat artikel yang unik yang jarang dibahas untuk memperbesar peluang artikel kita muncul di pencarian google. Dan kalaupun artikel kita sering dibahas blog lain maka anda bisa gunakan "judul yang berbeda" dengan yang lain.

3. Memaksimalkan Keyword Density
Tips agar artikel muncul di pencarian google berikutnya yaitu dengan memaksimalkan keyword density. Keyword density atau kepadatan kata kunci juga berpengaruh apakah artikel kita muncul di pencarian google atau tidak. Anda dapat mengecek keyword density di website seo yang bisa mengecek keyword density (penulis menggunakan small seo tools keyword density) atau bisa menghitungnya secara manual dengan menggunakan rumus jumlah kata kunci/jumlah seluruh kata x 100% usahakan agar hasilnya tidak kurang dari 1% dan tidak lebih dari 2%. Tetapi jangan jadikan keyword density sebagai patokan utama agar artikel anda berada di pencarian Google.

4. Submite URL Artikel ke Webmaster Tool
Ketika kita memposting sebuah artikel di blog, maka tidak mungkin artikel kita langsung muncul di pencarian google karena pasti banyak artikel lain yang juga bersaing agar artikelnya juga muncul di pencarian google. Tips agar artikel muncul di pencarian google dengan cepat yaitu dengan mensubmite artikel ke https://www.google.com/webmasters/tools/submit-url?pli=1dan masukkan url artikelmu, centang captcha, lalu kirim permintaan. Maka google akan memproses dan artikelmu bisa muncul di pencarian google. Tetapi jika artikelmu terlalu banyak pesaingnya mungkin tidak muncul di halaman pertama pencarian tetapi ada di halaman berikutnya. 

Tips agar artikel muncul di pencarian google itu bisa anda terapkan sebagai salah satu cara meningkatkan trafik pengunjung blog. Sekian dan semoga artikel ini bisa membawa manfaat bagi pembaca.

1 komentar so far

Boleh di coba lah gan. Sangat informatif sekali. Terima kasih gan

Komentarlah yang sopan
Jangan spam
Dilarang gunakan link aktif
Dilarang komentar yang menyinggung SARA dan berkonten negatif

Terima kasih :)