October 8, 2017

Pembelajaran Dari Alat Doraemon


Pernahkah anda menonton kartun doraemon? Saya yakin anda pernah menontonnya. Kartun dengan karakter robot kucing yang dari masa depan karya Fujiko F. Fujio ini memang tak pernah habis untuk selalu diperbincangkan. Setua apapun umur anda, meskipun bukan anak-anak lagi tetapi nyatanya anda masih suka menonton kartun tersebut kan? Bagi anda penggemar kartun doraemon tentunya tidak akan asing dengan alat doraemon yang selalu dia gunakan untuk membantu nobita maupun teman-teman nobita yang lain. Tetapi sebenarnya, dari alat doraemon itu kita bisa memetik pembelajaran dalam hidup kita. Pembelajaran dari alat doraemon yang dapat kita petik yaitu.

1. Kreatifitas Menggunakan Alat
Dikisahkan dalam kartun doraemon seringkali doraemon dan nobita memiliki perdebatan tentang bagaimana cara menggunakan alat tersebut. Jika kita melihat, nobita sering kali menggunakan alat doraemon secara asal-asalan bahkan sering mengutak-ngatik alat doraemon tersebut. Sebenarnya di sini nobita hanya menggunakan alat doraemon dengan cara yang berbeda dan juga kreatif. Kita bisa belajar dari nobita bagaimana menggunakan alat secara kreatif tanpa harus mengikuti petunjuk pemakaian seperti yang dilakukan doraemon.

2. Selalu Ada Jalan Keluar Untuk Masalah Kita.
Dalam hidup kita seringkali tertimpa musibah dan juga cobaan, kita gampang sekali menyerah dalam menghadapi segala cobaan yang menimpa diri kita. Berbeda dengan nobita, meskipun sering tertimpa banyak musibah tetapi selalu saja tertolong oleh alat-alat dari doraemon. Sudah tak terhitung lagi berapa banyak alat yang telah membantu hidup nobita. Dari hal ini, menandakan bahwa selalu ada jalan keluar untuk setiap masalah kita. Alat doraemon itulah yang diibaratkan sebagai jalan keluar atas masalah kita.

3. Jangan Bergantung Pada Alat
Pembelajaran dari alat doraemon yang dapat kita petik yaitu kita jangan terlalu bergantung pada alat seperti yang dilakukan oleh nobita. Dalam hidup seringkali kita terlalu bergantung pada suatu alat. Contohnya saja ketika menggunakan kalkulator untuk berhitung. Dengan seringnya menggunakan kalkulator, membuat otak kita tidak pernah terlatih untuk menghitung secara manual. Kita dibekali otak oleh Tuhan untuk kita gunakan agar terus berkembang. Sesungguhnya sehebat apapun dan secanggih apapun suatu alat masih kalah dengan otak manusia yang merupakan ciptaan Tuhan yang patut untuk kita syukuri.

Semoga artikel pembelajaran dari alat doraemon ini bisa menginspirasi bagi pembaca sekalian. Terima kasih telah berkunjung di blog firdaus.

Komentarlah yang sopan
Jangan spam
Dilarang gunakan link aktif
Dilarang komentar yang menyinggung SARA dan berkonten negatif

Terima kasih :)