October 10, 2017

Pesan Mahasiswa Baru 2017 Untuk Para Pejuang Pencari Perkuliahan

Kuliah itu tidak semudah yang dibayangkan. Itulah yang dirasakan oleh sebagian mahasiswa baru yang tahun ini baru memulai perkuliahan. Namun ada juga yang beranggapan jika kuliah itu sangat menyenangkan, apalagi jika kita masuk di jurusan yang memang kita impikan. Kuliah sangat berbeda dengan SMA. Jika di SMA kita selalu dituntut oleh guru kita. Masalah absen, tugas, materi, dan lain sebagainya masih diperhatikan oleh guru. Boleh jadi saat kita masih SMA kita masih "dituntun" oleh guru kita.

Berbeda dengan kuliah, kuliah kita dituntut untuk lebih mandiri dan juga aktif. Dosen tidak mau tau apa kita sudah paham atau belum tentang materi yang dijelaskan, dosen juga tidak peduli memberi tugas walaupun sering dianggap berlebihan oleh mahasiswanya, serta dosen juga tidak mau tau mahasiswanya bolos kuliah ataukah tidak.

Secara pemberian nilai antara guru dan dosen pun berbeda, jika guru masih memberikan nilai "kasih sayang" kepada kita maka dosen pasti memberikan nilai "real" sesuai dengan kemampuan kita. Dunia kuliah itu jahat, jika kita tidak mampu beradaptasi sudah pasti kita akan kalah bersaing dengan teman-teman kita dan bukan tidak mungkin kita bakal terjerumus ke dalam hal-hal yang bisa membawa kita menuju gerbang kehancuran jika kita tidak mampu untuk mengontrol diri.

Untuk adik-adik yang saat ini masih SMA, penulis berkesempatan untuk meminta pesan-pesan dari mahasiswa baru 2017 semoga bisa memotivasi kalian yang tahun ini akan berjuang mencari perkuliahan. Semoga bisa memotivasi kalian untuk menggapai apa yang kalian cita-citakan

"Kuatin mental untuk menjadi mahasiswa, persiapkan belajar mulai sekarang agar kalian mudah bisa mudah menembus PTN yang kalian inginkan. Kuliah itu sangat berbeda dengan sekolah jadi kalian harus benar-benar  mempersiapkannya dengan matang" (Faradhillah Adibah, S1 Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya)

"Pilih prodi pilihanmu, meskipun itu sulit kalau kamu minat menjalaninya insyallah pasti terasa mudah. Jangan lupa selalu libatkan penciptamu sebelum melangkah lebih jauh. Dan jangan lupa untuk selalu belajar " (Hajar Alfian Gustami, D3 Teknik Permesinan Kapal Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya)

"Kejar apa yang kamu mau, jangan pernah takut gagal. Do your best anda you'll get the best" (Ian Tryaldi Halim, D4 Sekolah Tinggi Ilmu Statistik)

"Menjadi mahasiswa itu harus aktif jemput bola, jangan menunggu. Harus pintar-pintar pilih teman karena suasananya sudah berbeda. Kuliah penuh dengan persaingan (Muhammad Alif, S1 Ilmu Perpustakaan Universitas Airlangga)

"Selamat berjuang bagi adik-adik yang tahun ini sedang mencari perkuliahan, jangan lupa untuk selalu belajar dan mempersiapkan diri. Pilihlah yang sesuai minat dan passion kalian" (Nuzulul Rahmah, S1 Fisika Universitas Jember)

"Tentukan jurusanmu mulai dari sekarang, tidak perlu menunggu ujian nasional. Mendekati UN sebaiknya kita gunakan untuk persiapan kuliah bukan menentukan jurusan kuliah. Memilih jurusan kuliah sebisa mungkin harus sesuai passion agar kita mudah untuk menjalaninya" (Silvia Mayningrum, S1 Agribisnis Universitas Jember)

"Pilihlah jurusan yang sesuai minat diri dan imbangi dengan kemampuan. Jangan sampai terpaksa dalam memilih jurusan, serta tingkatkan kualitas belajar dan jangan lupa untuk selalu berdoa" (ujar salah satu mahasiswi Universitas Jember)

"Dalam kuliah kamu harus bisa kuatin mental dan harus bisa pandai-pandai berdaptasi dengan lingkunganmu" (ujar salah satu mahasiswi Universitas Jember)

Itulah beberapa pesan dari kakak kelas mahasiswa baru 2017. Penulis doakan semoga apa yang kalian cita-citakan tercapai. Semoga kalian bisa mendapatkan tempat perkuliahan yang sesuai apa yang kalian impikan.

Komentarlah yang sopan
Jangan spam
Dilarang gunakan link aktif
Dilarang komentar yang menyinggung SARA dan berkonten negatif

Terima kasih :)