October 15, 2017

Mengenal Tentang Pekerjaan Pengamat


Seorang pengamat biasa kita saksikan di layar kaca. Para pengamat biasanya sering di wawancara oleh pihak stasiun televisi untuk dimintai pendapat atau analisanya atas kasus yang telah terjadi. Pekerjaan pengamat tidak semudah yang dibayangkan. Mereka tidak asal ceplas ceplos untuk mengungkapkan apa yang menjadi pandangan mereka atas setiap kasus atau kejadian yang terjadi.

Seorang pengamat melakukan analisa haruslah memiliki dasar teori yang kuat. Meskipun mereka tak bisa disamakan dengan seorang pakar tetapi seorang pengamat perlu memiliki keahlian teoritis di bidang yang dia amati. Contohnya saja pengamat sepak bola, tentunya harus tau setidaknya tentang peraturan sepak bola dan juga teknik-teknik dasarnya.

Pekerjaan pengamat dilakukan hanya berupa menulis dan berbicara, bukan melalui tindakan. Ketika ada seorang reporter bertanya kepada seorang pengamat bagaimana pendapat tentang penampilan suatu klub dalam suatu pertandingan, maka seorang pengamat hanya perlu memberikan penjelasan tentang penampilan tersebut dan bagaimana memperbaiki strategi yang dianggap kurang. Tak perlu seorang pengamat sepak bola mempraktekkan bagaimana cara bermain sepak bola yang baik, karena itu sudah ranahnya seorang pesepak bola.

Pekerjaan pengamat bukanlah sekedar pekerjaan biasa. Bukan hanya sekedar mengamati, seorang pengamat harus pandai menganalisa dan juga memberikan saran atau solusi atas setiap problem yang terjadi yang berkaitan dengan bidangnya. Suatu contoh, seorang pengamat poliitik harus bisa memberikan sarannya ketika terjadi suatu kegaduhan politik di Indonesia. Memang saran mereka belum tentu bisa mengubah segalanya, tetapi setidaknya bisa menjadi jalan petunjuk bagaimana menyelesaikan apa yang sebaiknya dilakukan oleh pihak-pihak yang terkait jika terjadi kegaduhan politik.

Pekerjaan pengamat memiliki tanggung jawab yang cukup besar. Jangan pernah menganggap gampang pekerjaan yang satu ini. Mungkin selama ini mereka terlihat tenang ketika dimintai pendapatnya tentang hal-hal yang terjadi. Namun sebenarnya mereka memikul tanggung jawab yang cukup besar. 

Apakah ucapan saya sudah benar dan berbobot?
Hal inilah yang pasti dipikirkan oleh seorang pengamat. Pekerjaan pengamat yang dilakukan secara live di televisi tentunya banyak yang menyaksikan dan mendengarkan setiap ucapan dari  seorang pengamat. Jika salah sedikit saja meskipun itu bukanlah sesuatu yang disengaja dampaknya bisa menjadi buruk untuk si pengamat. Bisa jadi ia dihujani kritik oleh masyarakat hanya karena salah bicara. Selalin itu ucapan harus berbobot, tidak asal bicara tanpa memiliki dasar yang jelas.

Apa ucapan saya bermanfaat untuk orang lain? 
Selain menganalisa, seorang pengamat dituntut untuk bisa memberikan solusi atau setidaknya saran atas setiap kejadian yang mereka amati. Percuma saja seorang pengamat pandai berbicara tetapi ucapannya tidak membawa kemanfaatan untuk orang banyak. Karena sejatinya ilmu dari seorang pengamat memang sangat dibutuhkan oleh banyak orang di dunia ini.

Pekerjaan pengamat masih sangat diperlukan di indonesia, setiap ucapan, analisa, dan juga saran dari pengamat masih diperlukan untuk setidaknya memberikan petunjuk atas segala permasalahan yang terjadi di negeri ini. Apalagi dengan semakin banyaknya masalah di negeri kita ini, pekerjaan pengamat masih tetap dan selalu dibutuhkan.

Sekian artikel tentang pekerjaan pengamat  semoga bisa menambah ilmu serta manfaat bagi pembaca sekalian. Terima kasih telah mengunjungi blog ini :)

Komentarlah yang sopan
Jangan spam
Dilarang gunakan link aktif
Dilarang komentar yang menyinggung SARA dan berkonten negatif

Terima kasih :)