October 15, 2017

Hewan Terbesar

Sumber gambar : pixbay

Tahukah anda apa hewan terbesar di dunia ini? Gajah kah? Atau komodo? Atau apa? Selama ini banyak orang mengira bahwa gajah adalah hewan terbesar di dunia namun nyatanya salah. Secara kasat mata memang gajah memiliki tubuh yang sangat besar. Tak heran jika selama ini gajah dianggap sebagai hewan paling besar  di dunia. Tetapi ternyata masih ada hewan yang lebih besar dari gajah, hewan apakah itu? Jawabannya adalah paus biru. Paus biru menjadi hewan sekaligus mamalia terbesar di dunia. Besarnya seperti apa sih kok sampai dijuluki hewan terbesar di dunia? Baiklah penulis akan berikan sedikit gambaran tentang hewan yang satu ini.

Paus biru atau yang dalam bahasa latin dikenal sebagai Balaenoptera musculus merupakan mamalia laut yang termasuk dalam golongan subordo paus balin. Tak tanggung-tanggung hewan mamalia yang satu ini memiliki tubuh dengan panjang mencapai lebih dari 33 meter. Selain itu massa hewan yang satu juga tergolong "sangat berat" dengan massa lebih dari 180 ton.. Meski dikenal sebagai hewan dan mamalia terbesar tetapi sirip mamalia yang satu ini tidak begitu panjang, hanya berkisar 3-4 meter saja.

Paus biru dikenal sebagai paus yang pergerakannya cukup cepat. Paus biru memiliki kecepatan 50 kilometers per jam ketika berinteraksi dengan paus lagi. Tetapi saat tidak berinteraksi dengan paus lain kecepatannya  hanya sekitar  20 kilometers per jam). Namun saat makan, kecepatan paus ini  berkurang hingga 5 kilometer per jam.

Paus biru dapat hidup sendiri ataupun hidup berkelompok dengan jumlah kelompok yang tidak tentu jumlahnya. Paus biru bisa ditemukan di seluruh samudera namun kini populasinya yang semakin berkurang akibat banyaknya perburuan liar terhadap paus tersebut. Paus biru telah dinyatakan sebagai hewan yang dilindungi. 

Bagaimana sudah tau kan apa hewan palinh di dunia? Saar ditanya guru apa hewan terbesar di dunia itu? Jangan pernah menjawab gajah lagi. Jawablah paus biru. Ingat, paus biru bukan paus. Kalau paus banyak jenisnya ukurannya pun berbeda-beda. Jangan pula menjawab dinosaurus ya. Kita udah hidup di zaman modern bukan zaman purbakala lagi. 

Sekian artikel tentang hewan terbesar penulis sampaikan dan semoga bisa mendapatkan pengetahuan bagi pembaca sekalian. Terima kasih telah menyempatkan mengunjungi blog ini. Saran dan komentar bisa ditambah di komentar. Terima kasih

Komentarlah yang sopan
Jangan spam
Dilarang gunakan link aktif
Dilarang komentar yang menyinggung SARA dan berkonten negatif

Terima kasih :)