October 11, 2017

Opini Bentuk Bumi

Sumber gambar : Wikipedia


Perdebatan tentang bentuk bumi masih saja terjadi hingga saat ini. Meski telah diputuskan oleh sebagian besar ilmuwan di dunia. Namun pada kenyataannya ada juga pihak-pihak yang menamakan dirinya kelompok "flat earth". Mereka percaya bahwa bentuk bumi itu datar bukan bulat. Meski ada foto-foto bukti bahwa bentuk bumi bulat, kelompok flat earth tetap saja menyangkalnya dan menganggap bahwa bentuk bumi datar.
Lalu bagaimana dengan opini penulis? Apakah penulis beranggapan bentuk bumi bulat? Ataukah berbentuk datar? Berikut penulis sampaikan opini bentuk bumi menurut penulis :

Bentuk bumi adalah bulat. Penulis meyakini sepenuhnya. Pembaca bisa membuktikan pernyataan penulis tersebut. Sekarang siapkan alat dan bahan berikut :
1. Sesuatu yang berbentuk bulat (globe ataupun yang lainnya)
2. Sesuatu yang berbentuk datar ( piring, buku, ataupun yang lainnya)
3. Senter
Ikutilah langkah-langkah berikut :
1. Siapkan globe atau benda lain yang berbentuk bulat. Beri cahaya senter menuju ke bola dengan posisi senter berada di sebelah kanan agak ke atas.
2. Sebagai perbandingan siapkan buku atau benda lain yang juga berbentuk datar. Lakukan perlakuan yang sama seperti percobaan 1.
Coba bandingkan bagaimana hasilnya?
Tentu pada bola tidak seluruh bagiannya terkena senter, ada bagian yang "gelap" atau tidak terkena senter. Sedangkan pada percobaan 2 seluruh permukaan buku pasti terkena cahaya senter. Hal ini sebagai bukti bahwa bentuk bumi itu bulat.

Apa hubungannya percobaan di atas dengan pembuktian bentuk bumi? Percobaan tersebut berkaitan dengan perbedaan zona waktu dunia. Bola diibaratkan sebagai bumi, senter diibaratkan sebagai matahari. Ketika di Indonesia pagi hari, dan di luar negeri malam hari tentunya tidak mungkin jika seluruh permukaan bumi terkena sinar matahari pasti ada bagian yang tidak terkena sinar matahari. Tentu benar bukan? Hal itu bisa membuktikan bahwa bentuk bumi memang bulat bukan datar.

Ini hanyalah opini penulis. Apabila ada yang tidak setuju silahkan sampaikan secara baik-baik pendapatmu di kolom komentar. Dan semoga artikel opini bentuk bumi ini bisa bermanfaat bagi pembaca sekalian. Terima kasih.

Komentarlah yang sopan
Jangan spam
Dilarang gunakan link aktif
Dilarang komentar yang menyinggung SARA dan berkonten negatif

Terima kasih :)