October 2, 2017

Motivasi Dalam Bekerja

Sumber gambar : quantumikhlas.com

Bekerja memang bisa menghasilkan uang, dengan uang kita bisa mencukupi apa yang menjadi kebutuhan kita. Namun banyak orang yang bekerja hanya mengharapkan gaji, gaji, dan gaji saja. Memang hal ini tidaklah salah, tetapi jika kita hanya mengharapkan gaji ketika bekerja maka pekerjaan kita tidak akan maksimal dan tidak akan pernah maju dan berkembang. Perlu adanya motivasi dari pekerja itu sendiri agar ia bisa merasakan sendiri manfaat yang tak pernah dibayangkan selama ini. 


Apapun pekerjaan anda, dimana pun anda bekerja jika anda memiliki motivasi tinggi dalam bekerja anda bisa mendapatkan hal lebih dari apa yang anda pikirkan selama ini. Tak perlu memikirkan uang dan jabatan dulu saat bekerja, anda harus termotivasi dengan hal ini dulu, jika sudah nanti pasti uang dan jabatan akan mengikuti

1. Bekerja untuk memberikan karya/sumbangsih terbaik
Tak banyak karyawan/pekerja yang memiliki motivasi ini dalam bekerja, kebanyakan mereka hanya memikirkan gaji dan jabatan saja. Hanya sedikit yang memiliki motivasi ini dalam menjalankan pekerjaannya. Mereka tidak peduli berapa gaji mereka, asal mereka bisa memberikan sumbangsih dan karya terbaik untuk tempat mereka bekerja, mereka sudah merasa senang. Hal ini bisa kita contoh, tak peduli seberapa besar dan kecil gajimu jika kau terus memberikan karya terbaik bagi tempatmu bekerja maka kau akan mendapatkan suatu hal yang selama ini kita impikan. Mungkin diawal kita hanyalah seorang buruh, tetapi karena kita terus memberikan sumbangsih dan karya bagi perusahaan tempat kita bekerja maka jabatan kita bisa  dinaikkan oleh perusahaan bahkan gaji pun bisa dinaikkan.

2. Bekerja untuk mencari pengalaman
Motivasi ini harus anda miliki jika anda bekerja untuk membangun karier jangka panjang anda. Bagi anda seorang fresh graduate mencari pengalaman kerja sangat diperlukan sampai anda benar-benar mampu bekerja secara profesional di tempat kerja anda nantinya. Bahkan dari pengalaman anda, anda bisa membuka lapangan pekerjaan sendiri sampai benar-benar sukses dengan lapangan pekerjaan yang anda bangun tersebut

3. Bekerja karena cinta
Jika anda bekerja sudah diliputi dengan rasa ketidaksenangan maka sampai kapanpun anda tak akan bisa maksimal dalam bekerja. Karena semua berawal dari kecintaan terhadap pekerjaan yang kita lakukan. Sesulit apapun pekerjaan kita, serumit apapun pekerjaan kita kalau kita sudah cinta pekerjaan tersebut maka pekerjaan terasa lebih mudah, kita lebih enjoy dalam menjalaninya.

4. Bekerja karena keluarga
Keluarga bisa dijadikan motivasi dalam bekerja. Dengan keluarga, kita bisa lebih semangat dan termotivasi dalam bekerja. Dengan mengingat anak dan istri di rumah anda pasti akan bekerja secara jujur dan maksimal dalam bekerja. Anda termotivasi untuk memberikan yang terbaik untuk keluarga anda. Anda juga akan termotivasi untuk membahagiakan keluarga anda

5. Bekerja karena ibadah
Uang dan jabatan bukanlah segalanya. Karena ibadah adalah yang nomor satu, jika anda sudah bekerja karena dilandasi ibadah maka anda lebih ikhlas dalam menjalaninya. Tak peduli berapa pun gaji dan jabatan anda jika sudah bekerja karena ibadah maka pekerjaan yang anda lakukan nantinya bisa menjadi nilai posotif sendiri di mata Tuhan.

6. Bekerja karena cita-cita
Apa tujuan anda bekerja? bekerja dapat mendukung kita mencapai tujuan dan cita-cita yang kita impikan. Memang saat bekerja kita mendapatkan uang, tetapi dengan uang itulah yang bisa mengantarkan kita menuju gerbang cita-cita yang kita impikan. Dan jangan sampai cita-cita yang sudah kita bangun menjadi hancur karena tingkah anda yang merusak semangat kerja.

Bekerja dengan penuh motivasi membuat kita bisa lebih semangat dalam bekerja. Dengan termotivasi dalam bekerja dapat mengantarkan kita menuju kesuksesan. 

Saran dan kritik bisa ditambah di kolom komentar

Terima kasih

Komentarlah yang sopan
Jangan spam
Dilarang gunakan link aktif
Dilarang komentar yang menyinggung SARA dan berkonten negatif

Terima kasih :)