October 14, 2017

Cerdas Dalam Menerima Berita






Cerdas Menerima Berita Pagi-pagi tiba-tiba dikejutkan dengan pesan via whatsapp yang dikirim ke dalam suatu grup. Setelah dibaca ternyata ada yang mengirim suatu berita di grup tersebut. Dengan pelan-pelan berita mulai dibaca secara keseluruhan dari awal hingga akhir. Lah? Kok aneh begini beritanya? Apa benar ini beritanya? Kok terlihat janggal ya? Sumber beritanya pun juga tidak jelas. Semakin ragu saja, jangan share dulu apa? Atau share aja? 

Pernahkah anda mengalami hal tersebut? Mendapatkan informasi atau berita dan menyuruh untuk membagikannya? Apa yang anda lakukan? Langsung menyebarkannya? Apa pikir-pikir terlebih dahulu? Atau malah cuek saja? Faktanya memang reaksi setiap orang berbeda, ada yang langsung percaya begitu saja, ada juga yang memang mencerna berita tersebut apakah layak ataukah tidak untuk disebarkan. 

Cerdas dalam menerima berita. Iya, kita memang harus cerdas dalam menerima berita apapun yang kita terima, baik di media sosial, media online, ataupun media lainnya. Kita dianugerahkan oleh Tuhan akal dan pikiran tentunya harus kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya. Ketika kita mendapatkan suatu informasi seharusnya kita tak perlu terburu-buru untuk menyebarkannya. Baca, cerna dan cari tau, lalu putuskan apakah informasi atau berita tersebut perlu disebar ataukah tidak. Jangan pernah gegabah untuk membagikan berita tersebut, anda harus cerdas dalam menerima berita. Tentu anda tidak ingin bukan berita yang terlanjur anda sebarkan ternyata adalah berita palsu atau hoax? Anda merasa terugikan karena menyebar berita tersebut kepada orang lain. Buang-buang kuota dan buang-buang waktu saja untuk hal yang merugikan tersebut. 

Jangan pernah mudah percaya saat menerima informasi apapun dan dari siapapun. Meskipun itu dari keluarga ataupun teman kita sendiri. Bukan tidak percaya dengan mereka, tetapi kita sejatinya memang harus cerdas dalam menerima berita ataupun informasi yang kita terima. Karena memang setiap berita yang masuk belum tentu adalah berita yang benar, aktual, dan terpercaya. Terkadang keluarga memang tidak menyadarinya, dengan mudah menyebarkan berita yang tidak jelas asal usulnya darimana. 

Saat ini penyebaran berita palsu sudah menjadi hal yang lumrah di Indonesia, banyak situs-situs yang menyebarkan informasi hoax kepada masyarakat. Selain berita hoax mereka menyebar ujaran kebencian sehingga mampu mengadu domba masyarakat Indonesia. Meski sudah berulang kali tertangkap polisi namun nyatanya masih ada saja pelaku penyebar berita hoax yang meresahkan masyarakat. 

Jangan mudah dibodohi dengan orang-orang seperti itu. Kita harus cerdas dalam menerima berita. Jika perlu, cobalah periksa apakah berita tersebut masuk ke dalam situs berita populer seperti metrotvnews.com, kompas.com, tvonenews.com atau anda bisa memeriksanya di koran. Jika memang berita yang tersebar tersebut memang ada di sana, sudah bisa dipastikan berita tersebut memang benar adanya. 

Sekali lagi, janganlah mudah percaya dan jangan mudah dibodohi dengan situs-situs berita yang menyebarkan berita palsu. Ingat! Cerdas dalam menerima berita. Baca terlebih dahulu, cerna dan cari apakah benar atau tidak lalu putuskan apakah berita tersebut layak untuk disebarkan. Sekian artikel tentang cerdas dalam menerima berita dan semoga bermanfaat. Terima kasih telah berkunjung ke blog ini :)

Komentarlah yang sopan
Jangan spam
Dilarang gunakan link aktif
Dilarang komentar yang menyinggung SARA dan berkonten negatif

Terima kasih :)