October 7, 2017

Bahaya Mengkonsumsi Ikan Mujair

Sumber gambar : nova.grid.id

Ikan Mujair atau yang disebut sebagai Oreochromis mossambicus merupakan jenis ikan air tawar yang banyak dikonsumsi di berbagai negara. Ikan jenis ini merupakan salah satu jenis ikan yang paling dikonsumsi oleh orang-orang Indonesia. Mengkonsumsi ikan memang menyehatkan karena ikan banyak mengandung protein yang bagus untuk kesehatan tubuh kita. Namun berbeda dengan ikan mujair, dibalik lezatnya ikan mujair yang kita konsumsi ternyata memiliki bahaya bagi tubuh kita. Fakta-fakta berikut yang membuat ikan mujair menjadi bahaya untuk dikonsumsi. Berikut bahaya mengkonsumsi ikan mujair yang dilansir dari nova.grid.id

1. Ikan Tidak Berkualitas
Ikan mujair adalah jenis ikan yang dibudidayakan dengan cara diternakkan. Para peternak ikan biasanya tidak memperhatikan kualitas ikan yang ia ternakkan. Mereka hanya memikirkan bagaimana mendapat keuntungan. Tentu hal ini sangat berbahaya bagi pengkonsumsi ikan mujair. Jika awalnya saja kualitas tidak diperhatikan bagaimana nantinya jika ikan telah sampai ke konsumen?

2. Kadar Lemak Jenuh Tinggi
Ikan-ikan mujair yang diternakkan banyak yang digemukkan oleh peternak ikan  sehingga membuar ikan memiliki kandungan lemak berlebih  yang berbahaya bagi tubuh kita. Ikan mujair yang digemukkan memiliki kadar asam lemak omega 6 yang sangat tinggi, bahkan melebihi hamburger, sehingga sangat bahaya mengkonsumsi ikan mujair tersebut.

3. Ikan Mengandung Zat Kimiawi
Banyak ikan mujair yang disuntikkan antibiotik oleh peternak ikan. Hal ini sangat mungkin membuat ikan mujair terpapar pestisida yang semestinya diberikan pada ikan. Banyak juga ikan mujair yang mengandung zat kimia Dibulytin yang menyebabkan obesitas, alergi, asma dan gangguan metabolisme tubuh.

4. Mengkonsumsi Kotorannya Sendiri
Ikan mujair suka mengkonsumsi kotorannya sendiri. Hal ini tentunya sangat menjijikkan. Kotoran-kotoran tersebut banyak mengandung mkkroba jahat yang bisa mengganggu fungsi dan jaringan tubuh kita.

5. Karisinogen
Ikan mujair sering kali tidak mendapatkan perawatan yang baik sehingga banyak mengandung Dioxtin yang merupakan racun kimiawi pemicu kanker. Jika masuk ke dalam tubuh, Dioxtin membutuhkan waktu 7-11 tahun sebelum 100% bersih dari tubuh manusia.

Sebenarnya bukan ikan mujair tidak mujair tidak menyehatkan, tetapi kita harus berhati-hati jika ingin makan ikan mujair. Makan sewajarnya saja jangan berlebihan. Jangan sampai kesehatan anda yang dipertaruhkan nantinya. Sekian artikel tentang bahaya mengkonsumsi ikan mujair penulis buat dan semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Komentarlah yang sopan
Jangan spam
Dilarang gunakan link aktif
Dilarang komentar yang menyinggung SARA dan berkonten negatif

Terima kasih :)