September 12, 2017

Menjawab Perdebatan Soal Matematika

Selamat siang pembaca blog firdaus. Kali ini blog firdaus akan menampilkan blog tentang menjawab perdebatan soal matematika. Pernahkah pembaca menemukan soal seperti diatas? Berapa jawabannya menurut pembaca? Sebenarnya soal tersebut hanya perhitungan campuran sederhana yang konsepnya sudah kita terima sejak kita masih sd. Untuk soal diatas ada 2 versi jawaban, ada yang menjawab 1 dan ada yang menjawab 16. 

Bagaimana jawabannya bisa 1? Mereka melakukan perhitungan dengan cara seperti dibawah ini :
8:2(2+2) = 8:2(4) = 8:8 = 1

Bagaimana dengan kubu 16? Mereka menggunakan perhitungan seperti ini?
8:2(2+2) = 8:2(4) = 4(4) = 16

Lalu bagaimana dengan penulis? 

Penulis lebih memilih jawaban 16. Mengapa begitu? Berikut penulis jelaskan sejelas -jelasnya

Menilik perdebatan diatas, sebenarnya operasi hitungan tersebut hanyalah operasi hitung yang mudah jika memang kita mengetahui dasarnya. Sekarang mari kita kupas secara perlahan soal tersebut :

Langkah 1 8:2(2+2) = 8:2(4)
Dasar perhitungan ini tidak bisa diperdebatkan lagi, setiap operasi hitung campuran yang berada di dalam tanda kurung harus dikerjakan terlebih dahulu, entah itu dalam bentuk perkalian, pembagian, penjumlahan ataupun pengurangan :

Langkah 2 8:2(4) = 8:8 = 1
Nah inilah yang menjadi bahan perdebatan. Kubu 1 beranggapan jika perhitungan perkalian harus dikerjakan terlebih dahulu. Apa benar seperti itu? Tidak sepenuhnya benar. Harus diingat, operasi perkalian dan pembagian memiliki kedudukan yang SETARA, jadi salah besar yang mengatakan jika perkalian harus selalu didahulukan daripada pembagian. Kita harus melihat operasi hitung mana yg berada di sebelah paling kiri. Karena pada perhitungan diatas pembagian berada pada posiisi paling kiri, maka pembagian dulu yang dikerjakan. Jadi kesimpulannya, jawaban atas perhitungan diatas menurut penulis adalah 16.

Bagaimana pembaca? Jika ada kurang setuju monggo bisa ditambah di komentar. Sekian dan terima kasih.

Komentarlah yang sopan
Jangan spam
Dilarang gunakan link aktif
Dilarang komentar yang menyinggung SARA dan berkonten negatif

Terima kasih :)