September 7, 2017

5 Sosok Ini Bisa Buktikan Mereka Bisa Sukses Tanpa Gelar Sarjana


Selamat malam pembaca. Selamat berkunjung kembali di blog firdaus. Kali ini saya akan menyampaikan artikel inspiratif tentang sosok-sosok yang sukses tanpa memiliki ijazah sarjana. Sukses tanpa gelar sarjana? Bagaimana bisa? Cerita kelima sosok ini bisa membuktikan pertanyaan tersebut.

1. Bob Sadino


Pria ini telah tutup usia diusianya yang ke 81 tahun pada tanggal 19 Januari 2015. Bambang Mustan Sadino atau yang terkenal dengan nama beken "Bob Sadino" adalah seorang pebisnis sukses di bidang pangan dan peternakan. Pria yang lahir di Bandar Lampung 9 Maret 1933 ini memiliki usaha Kemfood dan Kemchick. Sepanjang hidupnya dia mempunyai style berpakaian yang santai dengan lengan pendek dan celana pendek dalam kesehariaannya yang menandakan kesederhanaan dirinya. Sampai saat ini Bob Sadino masih menginspirasi anak-anak muda terutama di bidang bisnis.

2. Susi Pudjiastuti

Hari ini siapa yang tidak mengenal Ibu Susi? Seorang Menteri Perikanan dan Kelautan Era Presiden Joko Widodo ini sudah banyak menginspirasi anak muda. Wanita Kelahiran Pangandaran 15 Januari 1965 ini sejatinya hanya memilili ijazah SMP. Meskipun beliau pernah mencicipi bangku SMA di SMAN 1 Yogyalarta, namun nyatanya pada kelas 2 beliau dikeluarkan karena terlibat dalam gerakan golput di sekolahnya. Setelah beliau keluar dari sekolah apakah lantas beliau diam saja? Tentu tidak, beliau bisa membuktikan dirinya bisa sukses di bidang bisnis yang bergerak di bidang eksportir sebelum akhirnya beliau ditunjuk Presiden Joko Widodo sebagai seorang Menteri.

3.Purdi E. Chandra

Purdi E. Chandra terkenal sebagai pengusaha yang cukup sukses. Beliau adalah pendiri Lembaga Bimbingan Belajar Primagama. Di balik kesuksesannya tersebut, siapa sangka seprang Purdi E. Chandra hanyalah lulusan SMA. Pria kelahiran Lampung, 9 September 1959 ini pernah mencoba kuliah di 4 jurusan yang berbeda yaitu psikologi, teknik elektro, sastra inggris, dan farmasi di Universitas Gadjah Mada dan IKIP Yogyakarta namun tidak ada satupun yang dia selesaikan karena dia merasa bosan dengan jurusan tersebut. Dia berkeyakinan bahwa gelar sarjana bukanlah segala-galanya. Justru kegagalannya tersebut menjadi langkah awal kesusksesannya menjadi seorang pengusaha sukses.


4. Andy F. Noya

Andy F. Noya dikenal sebagai pembawa acara talkshow "Kick Andy" di salah satu TV Swasta Indonesia. Andy F. Noya lahir di Surabaya 6 November 1960 mengenyam pendidikan di STM 6 Jakarta setelah sebelumnya ia tak dapat menyelesaikan sekolahnya di STM Jayapura. Andy sangat menyukai dunia tulis menulis dan memiliki bakat menggambar karikatur. Berkat minat dan bakat itulah, Andy F.Noya menjadi sukses di bidang jurnalistik dan dunia tulis menulis.

5. Ajip Rosidi


Pria yang lahir di Jatiwangi, 31 Januari 1938 ini mempunyai kisah ketika dia menolak mengikuti ujian akhir di SMA karena mengetahui ada soal ujian yang bocor. Beliau tidak mau menggantungkan hidupnya pada ijazah. Lantas beliau bisa membuktikan kesuksesannya yang berawal dari kebiasaannya yang suka  menulis, membaca, dan menabung buku sampai ribuan jumlahnya. Sampai suatu saat beliau dipercaya menjadi salah satu dosen di salah satu PTN di Indonesia. Beliau juga dipercaya menjadi guru bese di Jepang. Sampai pada puncaknya pada 31 Januari 2011dia menerima gelar Doktor Honoris Causa bidang Ilmu Budaya di Fakultas Sastra Universitas Padjajaran.

Mungkin mereka tidak pernah merasakan bangku kuliah, mereka mungkin tidak mendapat gelar sarjana. Gelar yang banyak diidam-idamkan anak muda jaman sekarang. Gelar sarjana memang bukanlah kunci utama meraih kesuksesan. Karena hanya dengan tekad yang kuat dan kerja keraslah yang dapat mengantarkan kita ke gerbang kesuksesan. Sekian artikel tentang sosok inspiratif tanpa gelar sarjana saya sampaikan, semoga bisa menginspirasi pembaca sekalian. Mohon maaf jika ada kesalahan penulisan dan Terima kasih telah berkunjung di blog ini :)

Komentarlah yang sopan
Jangan spam
Dilarang gunakan link aktif
Dilarang komentar yang menyinggung SARA dan berkonten negatif

Terima kasih :)