September 17, 2017

Lulus SMA Kemana?

Masa-masa kelas 3 SMA adalah masa galau-galaunya anak SMA. Bukan galau karena diputusin pacar ataupun galau kalau ditembak gebetan, atau galau karena bakal rindu dengan SMAnya setelah lulus nanti. Setelah melewati perjalanan yang begitu panjang selama menempuh pendidikan selama SMA, akhirnya para siswa harus menghadapi banyak pilihan apa yang akan mereka lakukan setelah lulus SMA nanti.

Mau kemana setelah lulus SMA nanti?



Bagi yang sudah memiliki perencanaan masa depan yang matang, tentunya pertanyaan ini tidak sulit untuk dijawab, namun bagi yang masih galau tentang masa depannya, tentunya pertanyaan tersebut sedikit membuat frustasi akan masa depannya. Bagi yang masih galau tentang masa depanmu setelah lulus SMA, tidak perlu khawatir berikut penulis akan menyampaikan sedikit saran tentang apa yang harus dilakukan setelah kamu lulus SMA nanti

Setidaknya anda bisa melakukan 3 hal ini setelah lulus SMA nanti :
1. Kuliah
Pilihan ini mungkin banyak diambil oleh kebanyakan para siswa kelas 3, mereka menganggap bahwa kuliah adalah suatu keharusan demi menggapai pekerjaan yang selama ini mereka cita-citakan. Bagi anda yang memilih untuk kuliah setelah lulus SMA nanti, pertimbangkanlah hal ini dulu sebelum memutuskan untuk kuliah.
Perlukah saya kuliah?
Mengapa saya harus kuliah?
Apa jurusan kuliah yang pas untuk saya?
Untuk apa saya kuliah?
Dan apa yang saya lakukan setelah saya memperoleh gelar saya nanti?
Pertanyaan-pertanyaan itu harus kalian jawab sebelum memutuskan kuliah. Kuliah itu bukan perkara mudah, jangan sampai kalian kuliah hanya karena gengsi atau karena ikut-ikutan teman saja. Kuliah penting karena bisa menjamin masa depan kamu, tapi jika kamunya malah malas pas kuliah dan ogah-ogahan masuk kelas ya jangan harap deh masa depanmu bakal cerah nantinya. 
Tapi kak, saya tidak mau kuliah gimana dong? Tadi katanya kuliah bisa menjamin masa depan kita, kalau saya tidak kuliah masa depan saya suram dong?  kuliah memang bisa menjamin masa depan kita. Tetapi ingat, bahwa jalan menuju kesuksesan tidak hanya ditempuh melalui kuliah saja, anda bisa melakukan hal kedua setelah lulus SMA nanti

2. Bekerja
Bekerja? Emang bisa? Saya kan cuma lulusan SMA kak? Jangan khawatir saat ini banyak perusahaan yang membutuhkan lulusan SMA untuk bekerja di perusahaan mereka, walaupun gajinya memang tak setinggi mereka yang lulusan sarjana , tapi setidaknya kamu bisa dapatkan pengalaman yang bagus dengan bekerja serta anda tidak membebani orang tua anda ketika memutuskan untuk kuliah. Dengan bekerja, anda mempunyai penghasilan sendiri tanpa perlu bergantung pada orang tua. Dan sekarang pun bekerja tidak melulu harus di suatu kantor, anda bisa menjadi seorang wirausahawan atau menjadi seorang pekerja lepas yang pekerjaannya bisa anda lakukan dari dalam rumah. Soal gaji pun, tidak kalah dengan para pekerja kantoran. Sekarang pertanyaannya, sesiap apakah anda untuk bekerja? Apa keahlian yang saya miliki sehingga saya bisa bekerja disana? Suatu pekerjaan tentunya membutuhkan keahlian demi menghasilkan suatu hasil kerja yang berkualitas. Dan bagi anda yang tidak memiliki keahlian apa-apa,sebaiknya jangan memilih pilihan kedua ini karena dipastikan anda akan tersingkir dari persaingan dunia kerja yang semakin ketat ini. Anda sebaiknya melakukan hal ini sebelum anda benar- benar memutuskan untuk bekerja.

3. Mengikuti Kursus Keahlian
Seperti yang saya katakan tadi, bekerja anda harus membutuhkan suatu keahlian supaya anda tidak kesulitan menghadapi setumpuk pekerjaan yang anda lakukan nantinya. Mengikuti kursus keahlian berguna untuk melatih skill kalian. Saat ini banyak perusahaan yang mengharuskan para pelamarnya untuk menyerahkan suatu sertifikat keahlian yang berguna bagi perusahaan untuk menilai keahlian apa yang dimiliki oleh calon pelamarnya. Tapi tetap anda harus serius dalam menjalani kursus keahlian ini ya, soalnya berguna banget bagi kalian.

Bagaimana? Untuk ada pandangan belum tentang masa depannya? Yang pasti kalian harus mempertimbangkan baik-baik sebelum memutuskan apa yang bisa kalian lakukan setelah lulus SMA nanti. Bagi kalian yang saat ini kelas 3 SMA, semoga kalian selalu diberikan jalan yang terbaik oleh Tuhan setelah lulus SMA nanti. sekian artikel ini penulis buat dan semoga bermanfaat bagi pembca.

Saran dan kritik bisa disampaikan langsung di komentar.

Komentarlah yang sopan
Jangan spam
Dilarang gunakan link aktif
Dilarang komentar yang menyinggung SARA dan berkonten negatif

Terima kasih :)