September 18, 2017

Meminum Teh Yang Sehat

Hari ini siapa yang tidak pernah meminum teh. Semua orang pasti pernah meminumnya. Apalagi diminum saat udara pagi masih menyegarkan dan kala cuaca dingin menyelimuti, tentunya menambah kenikmatan teh tersebut, Namun terkadang kita tidak tau bahwa kebiasaan kita dalam meminum teh yang kita lakukan selama ini ternyata masih salah. Meminum teh bukan hanya sekedar menyeruput teh dan ditelan lalu masuk ke tenggorokan dan sistem pencernaan saja, tetapi kita perlu mengetahui bagaimana meminum teh yang sehat agar teh yang kita konsumsi membawa manfaat bagi tubuh kita. Anda bisa melakukan beberapa cara meminum teh yang sehat berikut ini agar anda benar-benar mendapat manfaat dari teh yang anda konsumsi.

1. Minum Teh 2 Jam Setelah Makan
Cara meminum teh yang sehat yang pertama yaitu jangan meminum teh sebelum makan apalagi saat perut kita masih kosong, karena hal tersebut bisa berpengaruh ke pencernaan kita. Terutama bagi anda penderita maag atau penyakit asam lambung sangat tidak disarankan untuk meminum teh dalam keadaan perut kosong karena dapat memicu terjadinya asam lambung. Lalu mengapa harus menunggu 2 jam setelah makan? Hal ini dikarenakan ketika kita selesai makan dan kita langsung mengkonsumsi teh dapat mengakibatkan zat-zat gizi yang terdapat dalam makanan tersebut menjadi berkurang karena terserap oleh kandungan tanin yang ada di dalam teh, sehingga kita harus menunggu setidaknya 2 jam baru boleh meminum teh.

2. Minum Teh Dalam Keadaan Hangat,  Bukan Panas
Teh yang dicampurkan ke air panas dapat menyebabkan berkurangnya kandungan gizi yang ada di dalam teh tersebut, dan juga meminum teh dalam keadaan panas tidak baik bagi kesehatan mulut kita yang diakibatkan terlalusering mengkonsumsi teh ataupun minuman lainnya dalam keadaan yang terlalu panas. Jadi dianjurkan mengkonsumsi teh dalam keadaan hangat, dengan air hangat zat gizi yang terkandung dalam teh tersebut tidak akan hilang. Dan jangan sampai mengkonsumsi teh dalam keadaan dingin apalagi mengkonsumsi teh yang sudah tidak diminum semalaman, tentunya teh tersebut sudah tidak hiegienis untuk dikonsumsi.

3. Konsumsi Teh Maksimal 4-5 Gelas Tiap Hari
Segala sesuatu yang berlebihan memang tidak baik, seperti saat kita meminum teh. Teh memang menyehatkan untuk dikonsumsi, namun jika mengkonsumsi teh dalam jumlah yang tidak sewajarnya, maka hal ini jusitru dapat membahayakan tubuh kita. Disarankan kita meminum teh maksimal 4-5 gelas 200 ml per hari. Zat kafein yang terkandung di dalam teh tidak baik untuk dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan.  

4. Alangkah Baiknya Meminum Teh Tanpa Gula 
Cara sehat meminum teh yang sehat berikutnya dengan mengkonsumsi teh tanpa gula terbukti lebih menyehatkan daripada mengkonsumsi teh dengan gula. Mengkonsumsi teh dengan gula dapat meningkatkan resiko diabetes selain itu gula dapat mengurangi zat-zat gizi yang terkandung di dalam suatu teh.

5. Bagi  Anda Penderita Jantung, Tidak Dianjurkan Untuk Sering Meminum Teh 
Kandungan kafein yang terdapat teh, tidak baik dikonsumsi bagi penderita penyakit jantung. 

6. Bagi Ibu Hamil dan Menyusui, Sangat Tidak Dianjurkan Untuk Meminum Teh 
Kandungan kafein di dalam teh dapat memicu terjadinya kontraksi rahim dan dapat menyebabkan berkurangnya produksi ASI bagi Ibu Menyusui

Beberapa tips/cara diatas bisa anda lakukan ketika meminum teh agar manfaat yang kita hasilkan benar-benar bisa terserap pada tubuh kita. Semoga sedikit artikel tentang meminum teh yang sehat ini bisa membawa manfaat bagi pembaca sekalian. 

Komentarlah yang sopan
Jangan spam
Dilarang gunakan link aktif
Dilarang komentar yang menyinggung SARA dan berkonten negatif

Terima kasih :)