3 Cara Alami Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Anak, Wajib Tahu!

Baca Juga Artikel Berikut Ini

Cara mengatasi hidung tersumbat

Tidak seperti orang dewasa yang bisa mengatasi hidung tersumbat, anak-anak cenderung lebih sensitif saat mengalami hidung tersumbat. Banyak orang tua yang berusaha untuk mencari obat hidung tersumbat yang aman untuk anak dan info kesehatan yang tepat untuk menanganinya. Karena saat hidung mengalami penyumbatan akan terasa tidak nyaman bahkan tidak jarang membuat anak menjadi cepat lelah dan kepayahan.

Namun demikian ada cara yang aman untuk mengatasi hidung tersumbat selain menggunakan obat hidung tersumbat yang aman untuk anak. Berikut ini ada beberapa cara yang diambil menurut berbagai info kesehatan, yang dapat Anda lakukan saat anak mengalami hidung tersumbat.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Secara Alami

Tidak berdiam diri di udara dingin (AC)

Saat hidung anak-anak sudah mulai tersumbat, baiknya untuk mengajak mereka ke ruangan yang memiliki udara hangat atau lembab. Karena bernapas di udara hangat atau lembab dapat membantu meredakan radang, meredakan pembengkakan pembuluh darah di dalam hidung, bahkan dapat mengencerkan lendir dalam sinum.

Atau dapat pula melakukan terapi sauna dengan uap air panas, caranya cukup mudah yakni:

  • Siapkan air panas dalam baskom
  • Tuang minyak kayu putih ke dalam baskom
  • Taruh anak pada paha Anda dan hadapkan kepalanya tepat di atas baskom
  • Kemudian tepuk dengan lembut punggung anak, sampai keluar lendir dari hidung.


Lakukan cara ini selama kurang lebih 10 menit, dan ulangi 2-3 kali seminggu sampai anak sudah merasa lega.

Banyak minum air putih hangat

Cara ini banyak disarankan oleh para ahli kesehatan, karena air hangat dinyatakan mampu mengencerkan lendir di saluran hidung dan meredakan nyeri akibat hidung tersumbat. Agar anak-anak tidak bosan dengan air hangat, Anda dapat mengkombinasikan dengan teh jahe, mint, campuran teh lemon dan madu hangat yang mengandung agen antiseptik dan dekongestan alami untuk memudahkan pernapasan.

Minyak kayu putih

Minyak kayu putih nyatanya sudah terbukti secara ilmiah sebagai alternatif rumahan yang bisa membunuh beberapa jenis bakteri penyebab hidung tersumbat, seperti infeksi sinus. Dan disarankan untuk selalu tersedia minyak kayu putih di rumah untuk berjaga-jaga apabila hidung anak mulai tersumbat akibat pilek ataupun flu. Caranya sudah dijelaskan pada point 2.

Demikianlah beberapa cara alami yang dapat Anda lakukan dirumah selain mengandalkan obat hidung tersumbat yang aman untuk anak selain dekongestan yang diambil menurut info kesehatan dunia. Semoga bermanfaat untuk Anda dan keluarga tercinta.

Dapatkan Update Artikel Blog Firdaus Melalui Email

Bila pembaca merasa bahwa artikel-artikel di blog Firdaus bermanfaat, pembaca bisa memberikan sedikit donasi melalui Rekening BRI. Dana hasil dari donasi tersebut akan digunakan untuk memperpanjang domain Blog Firdaus Terima kasih.

Comments

Komentarlah yang sopan
Jangan spam
Dilarang gunakan link aktif
Dilarang komentar yang menyinggung SARA dan berkonten negatif

Terima kasih :)