5 Rekomendasi Sekolah Tinggi Pariwisata Terbaik di Indonesia

Baca Juga Artikel Berikut Ini

Sebelumnya saya sudah memberikan rekomendasi tentang sekolah pelayaran terbaik di negara kita, pada kesempatan ini saya ingin menginformasikan mengenai sekolah tinggi pariwisata terbaik yang ada di Indonesia. Sebagai seorang siswa yang baru lulus SMA, apakah kamu pernah berpikiran untuk melanjutkan studi ke jurusan pariwisata?

Mungkin hanya segelintir orang yang menjawab iya, dan mayoritas orang menjawab tidak. Jurusan ini memang tidak begitu populer jika dibandingkan dengan jurusan kedokteran, farmasi, ataupun teknik. Namun soal prospek kerja, menjadi mahasiswa pariwisata juga menjanjikan masa depan yang cerah.

Rekomendasi Sekolah Tinggi Pariwisata Terbaik di Indonesia


Yang pasti menjadi mahasiswa parawisata tentunya sangat menyenangkan. Tak hanya belajar di dalam kelas saja, terkadang mareka juga mengunjungi tempat-tempat wisata untuk memberikan pengalaman bagaimana jadi tour guide yang baik. Tak hanya itu, lulusan pariwisata bisa bekerja untuk instansi pemerintahan dibawah naungan dinas pariwisata.

5 Sekolah Tinggi Pariwisata Terbaik di Indonesia

Bagi kamu yang masih bingung menentukan pilihan sekolah pariwisata di negeri ini, berikut saya sampaikan beberapa diantaranya yang terbaik. Perguruan Tinggi mana sajakah itu? Simak ulasannya di bawah ini :

1. Akademi Pariwisata Pelita Harapan

Akademi atau Sekolah Tinggi Pelita Harapan merupakan salah satu pendidikan tinggi swasta yang melaksanakan pendidikan di bidang kepariwisataan yang berlokasi di Lippo Karawaci, Tangerang, Banten. Akademi yang satu ini memfokuskan pada pembentukan lulusan yang berjiwa enterpreneur dengan kombinasi teori dan praktik  yang seimbang.

Akademi Pariwisata memilliki dua jurusan, yakni manajemen perhotelan dan manajemen usaha. Bahkan keduanya telah mendapatkan akreditasi A dari BAN PT. Wah luar biasa bukan?

2. Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid

Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid merupakan sekolah pariwisata yang berada di bawah naungan Sahid Grup. Berlokasi di Surakarta, Jawa Tengah sekolag pariwisata yang satu ini berdiri sejak tahun 1995 berdasarkan SK Mentri Pendidikan dan Kebudayaan RI No.110DO1999.

STP Sahid Surakarta menyelenggarakan pendidikan dengan beberapa program studi yaitu D1 Perhotelan, D3 Kepariwisataan, dan S1 Terapan Pariwisata. Perguruan tinggi swasta ini mendapatkan akreditasi B dari BAN PT dan menempati peringkat ke 180 terbaik dari 3.320 PTN dan PTS yang ada di Indonesia berdasarkan SK Menristek Dikti Nomor 492.a/M/KP/VIII/2015.

Rekomendasi : Universitas terbaik di Indonesia berdasarkan Kemenristekdikti

3. Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti

Berlokasi di Jakarta Selatan, STP Trisakti sejak tahun 1969 dan menjadi perguruan tinggi swasta pertama yang menyelenggarakan program Diploma IV (D4) di Indonesia dengan gelar "Sarjana Terapan Pariwisata" (S.Tr.Par). Pada STP Trisakti terdapat beberapa program studi yakni D1, D3, D4 Perhotelan, S1 Hospitality dan Pariwisata, S2 Pariwisata, dan juga D4 Usaha Perjalanan Wisata.

Semua jurusan tersebut telah mendapatkan akreditasi A (sangat baik). Di perguruan tinggi ini tersedia fasilitas yang sangat lengkap guna membantu mahasiswanya menempuh pendidikan, beberapa fasilitas tersebut diantaranya laboratorium housekeeping, laboratorium komputer, simulasi kantor depan hotel, bar dan restoran hingga store room.

4. Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA Yogyakarta

STP AMPTA Yogyakarta merupakan salah satu sekolah pariwisata terbaik di Jogja. Kampus perguruan tinggi ini berlokasi di Sleman dan berdiri sejak tahun 1987 yang dikukuhkan oleh Soesilo Soedarman, Menteri Pariwisata, Pos, dan Telekomunikasi Indonesia kala itu.

Perguruan Tinggi Swasta yang satu ini memiliki tiga jurusan yang bisa kamu tempuh yakni S1 Hospitality,  D4 Administrasi Hotel, D4 Manajemen Bisnis Perjalanan, D3 Perhotelan, dan D3 Usaha Perjalanan Wisata. Fasilitas di sana juga lengkap sehingga memudahkan mahasiswa dalam proses pembelajaran.

5. Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung

STP Bandung perguruan tinggi kedinasan yang berada di bawah naungan Kementerian Pariwisata & Ekonomi Kreatif. Sekolah tinggi pariwisata yang satu ini lebih mengedepankan keterampilan dari sebuah ilmu yang diperkaya dengan Praktik Laboratorium, Studi Lapangan, dan Praktik Kerja Nyata.

STP Bandung memiliki 3 jurusan yaitu perhotelan, pariwisata, dan perjalanan. Tak hanya itu saja, perguruan tinggi kedinasan juga membuka program Pascasarjana yang didukung dosen akademik yang profesional dan berkompeten yang telah memiliki penguasaan ilmu tinggi terhadap pariwisata, bisnis hotel dan bisnis perjalanan.

Menarik lainnya : Sekolah penerbangan terbaik di Indonesia.


Bagaimana? Luar biasa bukan? Jurusan pariwisata boleh dibilang memiliki peminat yang masih sedikit. Jelas hal ini menjadi sesuatu yang menguntungkan bagi kamu yang berminat untuk menjadi mahasiswa/mahasiswi pariwisata. Kamu bisa memilih salah satu pilihan rekomendasi sekolah tinggi pariwisata terbaik di Indonesia yang sudah dijelaskan diatas, semoga bermanfaat ya.

Dapatkan Update Artikel Blog Firdaus Melalui Email

Bila pembaca merasa bahwa artikel-artikel di blog Firdaus bermanfaat, pembaca bisa memberikan sedikit donasi melalui Rekening BRI. Dana hasil dari donasi tersebut akan digunakan untuk memperpanjang domain Blog Firdaus Terima kasih.

Comments

Komentarlah yang sopan
Jangan spam
Dilarang gunakan link aktif
Dilarang komentar yang menyinggung SARA dan berkonten negatif

Terima kasih :)