5 Manfaat Belajar Kelompok di Sekolah yang Bisa Kamu Dapatkan

Baca Juga Artikel Berikut Ini

Manfaat belajar kelompok di sekolah

Apa saja manfaat belajar kelompok di sekolah? Adanya Kurikulum baru yang telah ditetapkan oleh pemerintah mengharuskan para siswanya untuk belajar secara aktif. Mayoritas pembelajaran diisi dengan belajar kelompok, berdiskusi, bertukar pikiran daripada hanya mendengarkan guru memberikan materi pelajaran.

Belajar kelompok yakni suatu model pembelajaran dimana siswa dan siswi belajar bekerja sama dalam sebuah kelompok guna menyelesaikan tugas belajar. Kelompok ini umumnya terdiri dari empat hingga lima orang. Mungkin bagi sebagian orang, belajar dengan sistem seperti itu kurang membuat dirinya nyaman diakibatkan kebiasaannya yang gemar belajar secara mandiri.

Sebagian yang lain justru merasa belajar kelompok mampu membuat dirinya lebih cepat dalam memahami sebuah materi pembelajaran. Namun apapun itu, pada faktanya sistem belajar ini memiliki banyak sekali manfaat diantaranya :

Manfaat Belajar Kelompok

1.  Menghilangkan Kebosanan

Belajar sendiri membuat kamu menjadi cepat bosan, terlebih lagi materi yang tidak bisa ditangkap dengan cepat. Jika sudah begini bukan tidak mungkin kamu menjadi stress hingga benci denga pelajaran tersebut.

Mengatasinya, bisa dilakukan dengan belajar kelompok bersama teman. Belajar dengan sistem ini telah terbukti mampu meningkatkan semangat belajar siswa.

2. Melatih Berdiskusi dan Berani Berpendapat

Tidak seharusnya ilmu yang didapat diterima mentah-mentah begitu saja. Terkadang apa yang kamu terima saat ini sudah tak relevan lagi dengan kondisi kehidupan sekarang. Ilmu bisa saja berubah setiap waktu.

Dengan melakukan belajar secara kelompok, dapat melatih kamu untuk berdiskusi memecahkan persoalan yang berkaitan dengan materi atau tugas yang susah dipahami atau membutuhkan problem solving. Selain itu, berdiskusi membuatmu berani mengungkapkan pendapat.


3. Melatih Tanggung Jawab

Belajar kelompok juga mengajarkanmu arti sebuah tanggung jawab. Meski dalam hakikatnya belajar ini dilakukan secara bersama-sama namun semua anggota harus memiliki peran aktif dan tidak boleh bermalas-malasan.

Jangan sampai hanya 1-2 anggota saja yang nantinya mampu menguasai materi. Seharusnya dalam satu kelompok tersebut semuanya paling tidak memahami pelajaran yang telah didiskusikan.

4. Melatih Bersosialisasi

Manusia adalah makhluk sosial. Manusia takkan pernah bisa hidup tanpa bantuan orang lain. Jika kamu berpikiran "Ah, begini saja saya mah bisa mengatasinya sendiri." Apa kamu yakin dengan ucapan tersebut? Jika pun kamu mampu melakukannya apa sudah yakin apa yang telah kamu selesaikan itu benar?

Apabila kamu berhasil, seharusnya ilmu tersebut dibagikan kepada orang lain, salah satunya melalui belajar kelompok. Bukan dipendam sendiri supaya temanmu tak lebih pintar. Membagikan ilmu takkan membuat ilmu seseorang menjadi berkurang.

Selain itu ada juga tipe orang pemalu untuk berkumpul bersama orang lain. Sarana belajar kelompok bisa melatih seseorang untuk bersosialisasi dengan saling bertukar pendapat. Hal ini dikarenakan jumlah orang di dalam sebuah kelompok belajar biasanya hanya terdiri dari 5 orang sehingga bagi mereka yang pemalu sedikit lebih berani mengungkapkan pendapat daripada harus menyampaikannya di muka umum.

5. Memahami Arti Berbagi

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, mendapatkan ilmu baru seharusnya tidak dipendam sendiri, cobalah untuk membagikannya kepada orang lain. Jangan pernah sedikitpun terbesit di pikiranmu bahwa berbagi ilmu membuat kepadaianmu menjadi berkurang, justru dengan membagikannya membuat ilmu semakin barokah karena ilmu tersebut bermanfaat bagi orang lain.

Tak perlu menunggu menjadi guru untuk membagikan ilmu kepada orang lain. Siapa pun boleh saja berbagi. Salah satunya melalui belajar kelompok yang dilakukan di sekolah ataupun di tempat lain.


Dimanakah tempat belajar kelompok yang terbaik? Apa benar sekolah merupakan tempat belajar kelompok yang paling bagus? Menurut admin tempat tersebut menjadi yang paling realistis karena masih berada di dalam satu lingkungan sekolah bahkan satu kelas. Hanya saja, belajar kelompok di luar sekolah sedikit lebih nyaman daripada di dalam sekolah karena suasana yang lebih segar sehingga membuat seseorang belajar dengan begitu nyaman.


Kesimpulan

Belajar kelompok ternyata memberikan banyak manfaat. Dapat menghindarkan kebosanan, melatih bersosialisasi, bertukar pikiran, bertukar pendapat, hingga dapat memahami arti berbagi kepada orang lain yang membutuhkan (ilmu). Dan yang terpenting sesering apapun kamu melakukan belajar kelompok jika ilmu/ materi tersebut tidak dipelajari kembali di rumah maka sama saja.

Seimbangkan antara belajar mandiri dan belajar kelompok maka kamu bisa rasakan semakin banyak ilmu yang bisa diserap oleh otak. Akhir kata, semoga artikel mengenai manfaat belajar kelompok dapat membawa manfaat bagi siapa pun yang membacanya.

Dapatkan Update Artikel Blog Firdaus Melalui Email

Bila pembaca merasa bahwa artikel-artikel di blog Firdaus bermanfaat, pembaca bisa memberikan sedikit donasi melalui Paypal Dana hasil dari donasi tersebut akan digunakan untuk memperpanjang domain Blog Firdaus - Terima kasih.

Comments

Komentarlah yang sopan
Jangan spam
Dilarang gunakan link aktif
Dilarang komentar yang menyinggung SARA dan berkonten negatif

Terima kasih :)