Daftar 5 Peluang Bisnis Franchise Modal Kecil

Baca Juga Artikel Berikut Ini

Bisnis Franchise Modal Kecil - Bagi orang awam, istilah bisnis franchise mungkin tidak begitu dikenali. Namun pada kenyataannya bisnis ini juga dikategorikan sebagai salah satu peluang usaha menjanjikan tahun 2018. Perlu anda ketahui bahwa franchise ini sejatinya memiliki makna yang sama dengan waralaba.

Bisnis Franchise Modal Kecil
Image Source : thebluediamondgallery.com

Pengertian Bisnis Franchise

Bisnis Franchise memiliki arti sebagai suatu kerjasama bisnis yang dilakukan oleh seorang  franchisor atau yang dikenal sebagai pemilik usaha dengan franchisee yang disebut sebagai pemilik modal. Bisnis yang satu ini dapat didirikan dengan cara berikut ini :

Cara Mendirikan Usaha Waralaba/Franchise

Untuk bisa menjalankan bisnis/usaha yang satu ini anda yang berperan sebagai pemilik usaha diharuskan mendaftar terlebih dahulu ke pemegang modal dengan langkah-langkah sebagai berikut berdasarkan PP Nomor 42 Tahun 2007 Tentang Waralaba :

1. Pihak franchisor melakukan prosfektur penawaran kepada menteri dengan melampirkan :
  • Salinan prosfektur penawaran
  • Salinan legalitas usaha

2. Pihak Franchisee melakukan pendaftaran perjanjian waralaba kepada menteri dengan melampirkan : 
  • Salinan Legalitas Usaha
  • Salinan perjanjian waralaba
  • Salinan prosfektur penawaran

3. Selanjutnya menteri mengeluarkan Surat Tanda Pendaftaran Warlaba yang berlaku selama 5 Tahun.

4. Setelah usaha ini resmi didirikan seorang pemilik modal diharuskan memberikan pelatihan kepada franchisor hingga benar-benar sukses.

Peluang Bisnis Franchise Modal Kecil

Banyak seseorang yang masih bingung bisnis apa saja yang bisa dijalankan melalui waralaba, sehingga dalam penerapannya sering kali mengalami banyak kendala. Selain itu kekurangan modal membuat banyak orang berpikir ulang untuk menjalani bisnis yang satu ini. Padahal meskipun modal yang dimiliki hanya sedikit, anda tetap bisa menjalankan bisnis franchise yaitu :

1. Bisnis Waralaba Laundry

Bisnis laundry merupakan bisnis yang memiliki keuntungan yang cukup besar asal benar-benar tau dimana letak strategis untuk berbisnis cuci pakaian ini. Tetapi anda tidak perlu bingung untuk menentukan tempat yang pas untuk bisnis ini, karena semua pasti dibantu oleh pemilik waralaba.

Biasanya, daerah sekitar kampus atau sekolah yang banyak terdapat kos-kosan dinilai sebagai tempat yang paling strategis untuk membangun sebuah bisnis laundry. Modal yang dibutuhkan hanya sekitar 3,8 juta atau 2,8 juta jika tanpa mesin cuci dan juga pengering.

2. Bisnis Waralaba Ayam Goreng

Siapa yang tidak suka dengan kelezatan ayam goreng, tentu banyak orang yang menyukai. Tentu hal ini menjadi peluang bisnis yang menguntungkan. Tak hanya itu saja, makanan yang satu ini paling cocok jika dijadikan lauk.

Banyak sekali perusahaan waralaba yang bisa anda ajak kerjasama menjalani Bisnis ini. Dengan modal hanya 3 juta saja anda sudah bisa mendirikan usaha ayam goreng tanpa gerobak. Jika anda bosan hanya sekedar ayam goreng saja, bisa dikreasikan menjadi ayam krispi,  ayam kriuk, ataupun yang lainnya.

3. Bisnis Waralaba Sosis/Bakso Bakar

Makanan yang satu ini biasanya jadi buruan anak-anak, terutama siswa sd karena rasanya yang begitu gurih dan lezat. Terlebih lagi jika ditambah saus yang membuat sosis semakin menggugah selera. Area dekat sekolah atau area perumahan yang keluarganya banyak memiliki anak dinilai sebagai tempat yang paling oke untuk menjalankan  bisnis waralaba ini.

Dari sisi permodalan pun tidaklah terlalu besar. Hanya perlu menyediakan dana sebanyak 3 juta saja untuk bisnis paket lengkap atau 2,5 juta untuk bisnis tanpa gerobak. Tak hanya sosis dan bakso bakar, anda juga bisa menambahkan makanan lain seperti otak bakar, tempura, dan sebagainya.

4. Bisnis Waralaba Capuccino Cincau

Tak hanya makanan, minuman pun menjadi sesuatu yang menguntungkan jika dijadikan lahan berbisnis. Banyak minuman yang bisa anda coba jual salah satunya yakni capuccino cincau dengan beberapa varian rasa seperti Capuccino, mocaccino, coklat, durian, strawberry, atau melon.

Pilihlah lokasi di dekat keramaian seperti dekat kampus, sekolah, atau perkantoran. Jual pada siang hari karena pada saat itu suhu panas membuat banyak orang yang tertarik untuk mencari minuman seperti capuccino cincau. Modal yang dibutuhkan sekitar 3,5 juta rupiah atau 2,7 juta jika tidak menggunakan gerobak.

5. Waralaba Es Cendol

Segar, segar, dan segar. Itulah yang terbesit di dalam diri seseorang ketika mendengar nama es cendol. Memang tak perlu diragukan lagi jika es yang satu ini menjadi minuman favorit masyarakat Indonesia, terlebih jika dikonsumsi saat panas terik, tentu membuat tenggorokan menjadi segar.

Ingin menjalankan bisnis waralaba es cendol? Tidak perlu menyiapkan uang terlalu banyak, cukup 3 juta saya anda bisa menjalankan usaha ini dengan peralatan dan perlengkapan yang lengkap atau 2,3 juta rupiah jika tanpa gerobak. Murah bukan?

Penutup
Tidak ada alasan bagi anda yang memiliki modal kecil untuk memutuskan berhenti menjalani bisnis franchise/waralaba. Karena hanya dengan modal dibawah 4 juta, bisnis tersebut sudah bisa berjalan dengan keuntungan yang juga melimpah. Inilah penjelasan mengenai peluang bisnis franchise modal kecil, semoga bermanfaat bagi pembaca

Dapatkan Update Artikel Blog Firdaus Melalui Email

Bila pembaca merasa bahwa artikel-artikel di blog Firdaus bermanfaat, pembaca bisa memberikan sedikit donasi melalui Paypal Dana hasil dari donasi tersebut akan digunakan untuk memperpanjang domain Blog Firdaus - Terima kasih.

Comments

Komentarlah yang sopan
Jangan spam
Dilarang gunakan link aktif
Dilarang komentar yang menyinggung SARA dan berkonten negatif

Terima kasih :)