May 17, 2018

Penempatan Iklan Adsense yang Strategis dan Pertimbangannya

Penempatan Iklan Adsense yang Strategis dan Pertimbangannya - Pada artikel sebelumnya, admin telah memberikan tips agar permohonan diterima oleh Adsense untuk artikel kali ini akan dibahas seputar penempatan iklan adsense yang strategis beserta pertimbangan mengapa penempatannya harus ditempat tersebut.
Penempatan Iklan Adsense yang Strategis
Ilustrasi Penempatan Iklan Adsense Strategis
www.firdaus.web.id
Banyak dari publisher yang baru saja permohonannya diterima oleh Google Adsense kebingungan soal penempatan iklan Adsense pada blognya. Berbicara soal jumlah, memang tidak ada batasan berapa maksimal iklan yang bisa dipasang namun dimanakah sebaiknya iklan dipasang supaya menarik mata pengunjung?

Apakah  penting menempatkan iklan adsense pada tempat yang strategis?

Tentu sangat penting. Penempatan iklan adsense yang strategis dan tepat dapat mengundang banyak klik dari pengunjung, sehingga bagus untuk meningkatkan pendapatan blog anda. Sedianya beberapa tempat dinilai sebagai tempat iklan adsense paling strategis.

Tempat-tempat tersebut dipilih tentu bukanlah tanpa alasan, ada pertimbangan yang mendasari mengapa sebaiknya artikel anda ditaruh di area tersebut. Area mana saja itu? Berikut penjabarannya :

Dimanakah Penempatan Iklan Adsense yang Strategis?


1. Bawah Header

Letaknya strategis, mudah diliat, berukuran banner besar membuat area bawah header cocok untuk ditempatkan iklan. Saat dibuka dalam versi mobile, iklan satu ini menjadi iklan yang pertama kali dilihat oleh pengunjung. Saat dibuka via komputer iklan ini sangat terlihat jelas membentuk banner besar. 

Admin menyarankan anda memasang iklan ukuran 728x90 atau responsive untuk menempatkan iklan di bawah header blog. 

2. Bawah Judul Artikel

Bagian artikel merupakan area yang menjadi pusat perhatian pengunjung. Saat mulai membaca judul artikel anda, selanjutnya akan langsung menemukan iklan. Baik versi mobile ataupun versi desktop, iklan ini sama-sama mudah untuk ditemukan.

Pasang iklan dengan ukuran 336x228, 300x250 atau ukuran responsive. Ukuran iklan tersebut sangat disarankan Google untuk ditempatkan di area postingan.

3. Tengah Artikel

Inilah area paling strategis menurut admin, letaknya tepat berada di tengah-tengah artikel. Mudah terlihat oleh pengunjung menjadi pertimbangan mengapa memasang iklan adsense ditengah postingan merupakan hal tepat.

Memang menurut sebagian orang memasang iklan di tengah artikel dianggap mengganggu. Mereka terkadang sering tidak sengaja mengklik iklan di area tersebut. Justru hal ini dapat meningkatkan pendapatan bagi publisher.

Dari sisi ukuran, sama seperti iklan di bawah artikel ukuran 336x228, 300x250, dan responsive layak anda pasang di tengah artikel blog anda.

4. Bawah Artikel

Memasang iklan di bawah artikel (paling bawah area postingan setelah paragraf terakhir) juga patut anda coba. Ya walaupun letaknya masih lebih strategis kedua area diatas namun tetap saja area ini tetap akan dilihat oleh pengunjung.

Jika artikel yang anda buat bagus, maka pengunjung akan membacanya sampai selesai, iklan yang ditempatkan disini pun jelas akan dilihat. Berbeda jika pengunjung tidak menyukai artikel anda, maka iklan di area bawah artikel mungkin tidak akan dilihat oleh pengunjung.

Sama seperti iklan dibawah judul dan ditengah artikel, ukuran iklan 336x228, 300x250 dan juga ukuran responsive disarankan untuk dipasang di area tersebut.

5. Sidebar Paling Atas

Disisi sidebar terdapat banyak sekali widget yang dipasang di area tersebut. Sebut saja popular post, label, recent post, arsip, dan lain sebagainya. Widget-widget tersebut sering kali ditengok oleh pengunjung sehingga iklan anda mudah ditemukan.

Jika anda anda membuka dalam versi mobile memang iklan anda berada di area paling bawah (dengan asumsi tidak ada iklan di bagian footer), namun untuk dalam versi desktop iklan dapat dengan mudah terlihat asal anda menaruhnya di bagian sidebar paling atas (lihat ilustrasi gambar diatas).

Gunakan ukuran 300x250 atau responsive untuk memasang iklan di area sidebar. Ada beberapa yang menyarankan untuk memasang ukuran 100x600, namun menurut admin ukuran tersebut terlalu besar untuk di pasang di sidebar.

Apakah ada area yang kurang cocok ditempatkan iklan? 

Tentu ada. Menurut admin, footer menjadi area yang kurang strategis untuk dipasangi iklan. Selain itu pada footer jumlah widget tidak sebanyak di sidebar sehingga jarang sekali di tengok pengunjung.

Sesuai penjelasan diatas, sedianya template yang admin gunakan saat ini menyediakan slot untuk memasang iklan adsense. Namun tidak admin gunakan dengan alasan seperti pada penjabaran diatas.

Penutup

Tak perlu khawatir, penempatan iklan adsense seperti yang telah dijelaskan diatas sama sekali tidak menyalahi ketentuan dan kebijakan Adsense. Dengan memilih tempat iklan yang tepat dan strategis dapat memperbesar peluang pengunjung untuk mengklik iklan pada blog anda sehingga semakin cepat anda gajian, hehehe.

Demikian penjelasan seputar penempatan iklan adsense yang strategis dan pertimbangannya semoga berguna dan bermanfaat bagi pembaca.

Terima kasih telah berkunjung di Blog Firdaus. Bila ada yang ingin ditanyakan janganlah ragu untuk bertanya di kolom komentar.

1 komentar so far

Bagus sekali om postingannya, enak dibaca dan mudah dipahami :)

Jangan lupa mampir ke blog Saya ya om :D "Agung Hostkey"

Komentarlah yang sopan
Jangan spam
Dilarang gunakan link aktif
Dilarang komentar yang menyinggung SARA dan berkonten negatif

Terima kasih :)