March 2, 2018

Tips Mengoptimalkan Gambar Pada Blog Untuk Meningkatkan Kecepatan Loading Blog

Tips Mengoptimalkan Gambar Pada Blog - Kecepatan atau speed suatu blog kini memiliki peranan yang penting dalam  Search Engine Optimiztation. Google sangat mengutamakan kepuasan pengunjung untuk menilai mana saja blog yang layak untuk mendapatkan peringkat tinggi di search engine.

Mengoptimalkan Gambar Pada Blog Untuk Memaksimalkan Kecepatan Blog
sumber gambar : pixabay.com

Salah satu indikator kepuasan pengunjung dapat dilihat ketika dia mengunjungi blog kita. Yang pasti, loading blog adalah hal pertama yang dinilai oleh pengunjung. Apakah loading blog cepat? Ataukah sangat lambat? Survey membuktikan jika selama lebih dari 5 detik suatu blog belum selesai terload maka pengunjung akan berpindah ke situs yang lain.

Tentu anda tidak ingin kehilangan pengunjung seperti itu bukan? Untuk itu anda harus membuat blog anda berloading lebih cepat dan salah satu caranya yaitu dengan mengoptimalkan gambar.

Apa Penyebab Masalah Loading Gambar Ini?


Salah satu penyebab lambatnya loading suatu blog karena gambarnya. Hal tersebut bisa dikarenakan :

  1. Jumlah Gambar Dalam Postingan Yang Terlalu Banyak.
  2. Ukuran Gambar yang Terlalu Besar


Lalu Bagaimana Mengatasi Permasalahan Tersebut?



  • Pertama kita bahas yang poin 1 dulu.


Memangnya ada ketentuan berapa jumlah gambar maksimal yang bisa ditampilkan di postingan blog kita? Sebenarnya tidak ada batasan, cuma jika terlalu banyak maka akan menyebabkan loading menjadi lambat. Selain itu Google juga sangat tidak menyukai blog yang terlalu dominan gambar daripada tulisannya.

Berapa gambar sebaiknya saya taruh gambar di postingan blog saya? 1 gambar per 500 kata, itu ideal. Jadi ada proporsional antara teks dan gambar pada postingan blog anda.

Namun berbeda jika anda membuat artikel tentang tutorial, Anda memang membutuhkan banyak gambar. Tapi jangan khawatir, meskipun banyak gambar tapi loading blog tetap bisa teratasi dengan cara yang akan admin jelaskan di bawah ini (baca terus artikel ini sampai selesai)


  • Sekarang kita bahas poin yang kedua


Apa dengan memasang gambar dengan jumlah seminimal mungkin sudah bisa mengatasi lambatnya loading suatu blog?

Belum. Ada hal lain yang harus Anda perhatikan juga. Apa itu?
Ukuran Gambar. Iya, ukuran gambar juga mempengaruhi cepat atau lambatnya loading blog. Semakin besar ukuran gambar maka akan semakin lambat.

Untuk itu anda perlu memasang gambar yang ukurannya kecil untuk dipasang di postingan anda. Penulis sarankan pasanglah gambar dengan ukuran dibawah 200kb.

Namun anda tak perlu khawatir, jika anda memiliki gambar berukuran besar dan ingin di pasang di blog Anda, anda bisa memperkecil atau mengompres terlebih dahulu ukuran gambar tersebut.

Akan lebih baik jika anda menggunakan gambar berformat png daripada jpg. Mengapa? Jika anda menggunakan gambar berekstitensi png ketika dicompress kualitas gambar tidak akan berkurang. Selain itu gambar berekstitensi png juga lebih SEO daripada gambar berekstitensi jpg ataupun gif.

Bagaimana cara mengompres gambar itu?


Mengompress gambar bisa dilakukan dengan langkah-langkah berikut ini :


maka akan muncul gambar seperti dibawah ini
compresspng.com
sumber gambar : compresspng.com
  • Lalu pilih unggah file
  • Pilih gambar di media penyimpanan Anda. Boleh memilih lebih dari 1 gambar untuk di compress.
  • Tunggu hingga proses selesai
  • Jika sudah selesai, download hasil compress tadi untuk di simpan di penyimpanan perangkat Anda .
  • Terapkan pada blog anda

Sekarang coba bandingkan. Menggunakan gambar dengan ukuran besar dan menggunakan gambar dengan ukuran yang lebih kecil. Pasti akan terasa perbedaannya. Saat memakai gambar yang ukurannya telah diperkecil loading blog sedikit lebih cepat dari biasanya. Sehingga hal ini bisa membuat pengunjung anda nyaman ketika berkunjung ke blog anda.

Ada cara lain yang bisa Anda lakukan untuk memaksimalkan kecepatan gambar pada blog anda seperti yang sudah dijelaskan pada artikel ini :

Mempercepat Loading Blog dengan Script Lazyload

Bagaimana mudah bukan? Hanya dengan 5 langkah tersebut anda sudah berhasil meningkatkan kepuasan pengunjung anda tanpa harus mengurangi kualitas pada blog anda. Sekian artikel tentang tips mengoptimalkan gambar pada blog semoga pembaca bisa mendapatkan manfaat dari apa yang telah penulis tulis ini.

Komentarlah yang sopan
Jangan spam
Dilarang gunakan link aktif
Dilarang komentar yang menyinggung SARA dan berkonten negatif

Terima kasih :)