March 4, 2018

Menjadikan Edukasi Sebagai Kunci Kemajuan Bangsa

Edukasi sebagai kunci kemajuan bangsa - Edukasi atau yang lebih dikenal dengan sebutan pendidikan merupakan suatu proses pembelajaran dengan tujuan mengembangkan potensi diri yang ada di dalam peserta didik serta mewujudkan proses pembelajaran yang lebih baik. Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, edukasi diartikan sebagai perihal atau segala sesuatu yang berkaitan dengan pendidikan.

Apa Tujuan Edukasi?


Edukasi bertujuan untuk mengembangkan kecerdasan dan membentuk kepribadian serta mendidik peserta didik untuk memiliki akhlak yang mulia. Dengan edukasi seseorang bisa mentransfer ilmu yang dimilikinya kepada orang lain sehingga apa yang dia ajarkan bisa bermanfaat bagi siapa saja yang diajarkan.

Apa Pentingnya Edukasi Itu?


Edukasi tentu saja memiliki peranan penting di dalam kehidupan kita. Bahkan edukasi sudah kita dapatkan ketika kita masih bayi. Ketika masih bayi anda diajarkan bagaimana caranya merangkak, bagaimana caranya berdiri, hingga bagaimana caranya berjalan. Lambat laun anda tumbuh semakin besar dan sudah bisa berjalan bahkan berlari di atas kaki sendiri. Semua itu karena edukasi yang orang tua berikan kepada kita.

Memasuki masa TK dan SD Anda sudah mulai mengenali edukasi yang bersumber dari lembaga pendidikan resmi dimana metode edukasi yang diajarkan sudah berbeda dengan edukasi yang diajarkan oleh orang tua. Di masa ini anda diajarkan suatu metode edukasi dengan bercerita, bercakap-cakap, dan juga tanya jawab langsung antara murid dan juga guru.

Saat anda memasuki masa SMP, SMA hingga kuliah metode edukasi pun sudah sangat jauh berbeda. Anda dianggap sudah dewasa sehingga anda dituntut untuk berperan aktif dalam suatu sistem pembelajaran.

Dengan edukasi kita bisa mendapatkan banyak pengetahuan, memberikan pencerahan untuk hal-hal yang belum kita ketahui, dan membangun karakter pada diri kita. Karena edukasi bukan hanya mengajarkan tentang nilai-nilai pengetahuan namun juga tentang nilai-nilai karakter.

Edukasi Sebagai Kunci Kemajuan Bangsa


Edukasi Sebagai Kunci Kemajuan Bangsa
Sumber gambar : pixabay.com

Kesuksesan atau kegagalan suatu bangsa ditentukan oleh kaum pemudanya. Pemuda memiliki peranan penting untuk memajukan bangsa dan negaranya. Karena kaum pemudalah yang menjadi kunci untuk mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia sesuai pembukaan UUD 1945 alenia kedua yaitu menjadikan bangsa Indonesia sebagai bangsa yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil, dan makmur.

Apalagi di era modern seperti ini dengan tingkat persaingan global yang sangat ketat pemuda dituntut untuk bisa bersaing dengan bangsa-bangsa lain agar bangsa Indonesia tidak semakin jauh tertinggal dengan bangsa-bangsa lain di dunia ini. Untuk mewujudkan itu semua pemuda perlu dibekali pendidikan atau edukasi untuk membentuk kecerdasan dan juga karakter yang baik pada kaum pemuda sehingga bisa memajukan  bangsa Indonesia.

Seperti yang kita ketahui bahwa pendidikan di Indonesia menganut 3 sistem. Pendidikan formal, pendidikan non formal, dan juga pendidikan informal. Pendidikan formal adalah pendidikan yang kita dapatkan di  sekolah SD, SMP, SMA hingga kuliah. Sedangkan pendidikan non formal adalah pendidikan yang didapat di luar jalur pendidikan formal  yang dilakukan secara terstruktur dan berjenjang. Contoh pendidikan non formal yaitu bimbel (bimbingan belajar) atau kursus belajar. Dan yang terakhir ada sistem pendidikan informal yang merupakan pendidikan yang berasal dari keluarga dan lingkungan. Pendidikan ini dilakukan di keluarga dan lingkungan sekitar dengan pembelajaran secara mandiri.

Di Indonesia terdapat salah satu lembaga pendidikan non formal terbaik yang terletak dekat dengan ibukota, tepatnya di daerah Tangerang. Apa nama lembaga pendidikan tersebut?

EduCenter


Gedung EduCenter
Sumber gambar : educenter.id

Tahukah anda tentang EduCenter? EduCenter merupakan lembaga pendidikan yang berslogan "one stop education of excellence"  sebagai pelopor gedung pendidikan pertama di Indonesia yang diciptakan untuk memberi solusi bagi keluarga mengefisienkan dan juga memaksimalkan  waktu anak-anak untuk bisa digunakan bersama anggota keluarga.  Lembaga pendidikan yang satu ini telah banyak memiliki tempat kursus dan juga pre school (20 tempat kursus dan 1 pre school) dimana murid-murid di sana tidak hanya diajarkan tentang pelajaran di sekolah namun juga diajarkan bagaimana mengembangkan kecerdasan, kreativitas, dan juga keaktifan pada murid tersebut.

Di EduCenter calon murid bisa memilih kelas-kelas apa yang ingin diikuti. Kelas-kelas yang terdapat di EduCenter yaitu :
  1. Kelas Memasak
  2. Kelas Matematika
  3. Kelas Fisika dan Kimia
  4. Kelas Seni
  5. Kelas Ballet
  6. Kelas Bahasa Inggris
  7. Kelas Bahasa China
Dari kelas-kelas itulah murid-murid dilatih untuk mengembangkan keterampilan dan kreatifitasnya sesuai minat, bakat, dan kemampuan yang ada pada dirinya.

Tak hanya memiliki tempat belajar saja, tetapi EduCenter juga memiliki cafe dan restoran yang bisa digunakan oleh para murid dan juga orang tua untuk bersosialisasi, berinteraksi, makan siang/malam, ataupun hanya sekedar berisitirahat. Adanya cafe dan restoran tersebut  bertujuan untuk mempermudah dan memberikan aspek kenyamanan bagi murid yang mengambil kursus si EduCenter.

Bagaimana? Menarik bukan? Segera daftarkan anak anda untuk bergabung bersama EduCenter melalui web resmi EduCenter

Pendaftaran EduCenter
Sumber gambar : educenter.id

Jika untuk masa depan anak anda yang lebih baik lagi sebagai generasi penerus bangsa harus menunggu apa lagi? Segera daftarkan anak anda ke EduCenter, pusat edukasi pertama dan terbesar di Indonesia.

#educenter

Sekian artikel tentang edukasi sebagai kunci kemajuan bangsa, semoga bermanfaat bagi pembaca.

1 komentar so far

Edukasi memang penting mas untuk kemajuan bangsa, syukurlah ada one stop solutionnya di educenter

Komentarlah yang sopan
Jangan spam
Dilarang gunakan link aktif
Dilarang komentar yang menyinggung SARA dan berkonten negatif

Terima kasih :)