January 14, 2018

Strategi Penggunaan Keyword (Kata Kunci) yang Tepat dan Jitu Untuk Memaksimalkan Jumlah Pengunjung Blog


Strategi Penggunaan Keyword - Dalam pembahasan kali ini Blog Firdaus akan berbagi sedikit strategi untuk memaksimalkan jumlah pengunjung blog dengan strategi penggunaan keyword yang tepat. Keyword memiliki peranan yang penting untuk menarik pengunjung supaya mengunjungi blog anda. Mengapa? Karena pengunjung bisa mengetahui artikel anda dengan mengetikkan sebuah keyword di pencarian google.

Sebelum membahas lebih jauh soal strategi ini, ada baiknya anda harus tau terlebih dahulu jenis-jenis keyword yang biasa dijumpai. Apa saja itu?

Jenis-Jenis Keyword


1. Short Tail Keyword

Short Tail Keyword merupakan sebuah keyword yang hanya mengandung 1-2 kalimat saja.

Contoh :

Pulsa Elektrik


Token PLN


Penggunaan short tail keyword tidak cocok dengan penggunaan blogger pemula. Hal ini dikarenakan terlalu beratnya tingkat persaingan.

Kalau anda tidak bisa memaksimalkan SEO dengan baik, sudah pasti artikel anda akan sulit menembus peringkat teratas google.

Penggunaan short tail keyword hanya digunakan untuk pemain SEO kelas atas.

2. Long Tail Keyword


Long Tail Keyword merupakan kebalikan dari short tail keyword. Long tail keyword mengandung 3-4 kalimat bahkan lebih.

Contoh :

Strategi Penjualan Pulsa Elektrik yang Efektif


Cara Membeli Token PLN Via ATM


Penggunaan Long Tail Keyword sangat menguntungkan bagi blogger pemula. Karena rendahnya tingkat persaingan sehingga membuat long Tail Keyword lebih mudah untuk mendapatkan peringkat atas mesin pencari. Walaupun memiliki volume pencarian yang lebih sedikit. Tetapi itu tak jadi masalah.

3. Keyword Abadi

Keyword Abadi merupakan keyword yang sampai kapanpun akan selalu dicari oleh banyak orang. Keyword ini tak pernah lekang oleh waktu meski zaman telah berubah.

Contoh keyword abadi yakni sbb :

Cara Membuat Nasi Goreng


Cara Menanak Nasi


Kedua keyword tersebut pasti tetep dicari walaupun kita sudah memiliki cicit nantinya dan sampai 7 turunan sekalipun.

Keyword ini sangat cocok untuk mendapatkan banyak pengunjung karena pasti banyak yang mencarinya.

4. Keyword Musiman

Keyword ini hanya dicari disaat saat tertentu dan cenderung mudah sekali hilang dari pencarian. Keyword jenis ini tidak cocok bagi Anda yang ingin membangun blog besar di masa depan.

Contoh keyword ini adalah :

Top Skorer Liga Indonesia 2011


Jadwal Liga Inggris Musim 2017/2018


Kedua keyword tersebut hanya akan dicari hanya dalam rentang waktu yang singkat dan tidak mungkin dicari selain di waktu tersebut.

Setelah anda mengetahui jenis jenis keyword, langsung saja kita mulai bagaimana menjalankan strategi ini.

Strategi ini adalah strategi untuk mendapatkan banyak visitor dengan memanfaatkan keyword yang tepat. Bukan sebuah strategi untuk mendapatkan peringkat 1 Google dengan keyword tertentu.

Penggunaan keyword yang tepat membuat peluang blog Anda Dikunjungi juga semakin besar. Anda boleh saja memiliki Artikel yang bisa meraih peringkat 1 google.

Tapi pertanyaannya sekarang, apa keyword yang Anda gunakan banyak dicari orang? Atau justru sedikit sekali? Disini letak kesalahan Anda. Anda hanya memikirkan bagaimana supaya artikel anda berada di peringkat 1 google, tidak memikirkan apa artikel yang dibuat keywordnya banyak dicari orang.

Justru sia-sia bagi anda yang telah capek-capek membuat artikel, artikel berhasil masuk page one google tapi visitor tetap saja sedikit. Kesenangan hanya sesaat saja.

Yang perlu Anda lakukan Anda harus menggunakan keyword yang tepat untuk mengetahui seberapa banyak orang yang mencari artikel dengan kata kunci tersebut.

Strategi dan Langkah-Langkah yang Perlu Anda Lakukan Yaitu Sebagai Berikut :


1. Mulai Dulu Menentukan Keyword Yang Akan Anda Gunakan

Tentukan dahulu keyword apa yang ingin Anda gunakan untuk artikel anda. Agar nanti bisa menganalisisnya. Admin sarankan sebaiknya gunakan keyword abadi yang selalu dicari oleh banyak orang sampai kapanpun.

Apa harus short tail keyword? Apa sebaiknya long tail keyword saja? Itu terserah anda. Di atas sudah dijelaskan bagaimana kelebihan dan kekurangan menggunakan kedua keyword tersebut.

Kita ambil contoh, keyword yang ingin kita gunakan adalah seputar memasak nasi. Jadi kemungkinan keyword yang dicari yakni sebagai berikut :

Cara Memasak Nasi


Cara Menanak Nasi


Kita disini melakukan sebuah analisis perbandingan. Mana diantara 2 keyword tersebut yang sering dicari orang.

Bagaimana menganalisisnya? Berikut akan admin jelaskan.
Mungkin Anda akan melakukan sebuah riset keyword dengan menggunakan Google keyword planner atau tools lain yang sejenis.

Cara tersebut memang efektif, tetapi bagi seorang pemula yang masih belum mengerti soal riset keyword, tentunya akan merasa kesulitan. Ada cara lain yang lebih mudah untuk mengetahui seberapa banyak suatu kata kunci dicari oleh orang lain.

Langkah-langkah yang harus Anda lakukan :


1. Bukalah google.com

2. Ketikkan kata kunci yang ingin Anda analisis. Kita disini akan melakukan perbandingan untuk dua kata kunci yakni : cara memasak nasi dan cara menanak nasi
.
3. Sekarang coba lihat kedua gambar dibawah ini






Dari hasil analisis, bisa kita lihat perbandingannya. Kata kunci cara memasak nasi memiliki volume pencarian sekitar 884 ribu sementara kata kunci cara menanak nasi memiliki volume pencarian sekitar 144 ribu.

Apa artinya? Artinya mayoritas pengunjung lebih sering mencari dengan kata kunci "cara memasak nasi" daripada menggunakan kata kunci "cara menanak nasi."

Maka sebaiknya Anda gunakan keyword cara memasak nasi jika anda ingin artikel anda memiliki peluang lebih untuk dikunjungi.

Dari pembahasan ini, kita bisa mengambil kesimpulan bahwa menentukan keyword itu tidak bisa dilakukan secara sembarangan, perlu adanya strategi khusus agar kita tidak salah menentukan keyword yang sebenarnya tidak pernah dicari orang.

Strategi ini juga bermanfaat untuk bisa membuka peluang datangnya visitor menuju blog kita.

Sekian artikel tentang strategi penggunaan keyword semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian.

5 komentar

Hallo mas firdaus, untuk search result menurut saya mengindikasikan jumlah persaingan, karena lebih banyak orang yg memiliki konten cara memasak nasi dibanding cara menanak nasi, mungkin gitu sih mas sepenangkapan saya

benar di atas ane, jumlah hasil pencarian menandakan brp banyak artikel yang terindex di google, semakin besar angkanya semakin ketat persaingannya, jdi kalo kita mau nembak keyword dengan persaingan ketat butuh amunisi yg bagus.koreksi kalau salah hehe

Makasih nas informasinya sangat bermanfaat. Selama ini saya bingung gimana caranya nentukan keyword buat artikel saya

jadi nambah ilmu buat saya om ;)

mampir ke blog ane ya... agung hostkey (search digoogle) :D

nambah ilmu ni om...mampir ke blog saya om
agung hostkey (search di google) :D

Komentarlah yang sopan
Jangan spam
Dilarang gunakan link aktif
Dilarang komentar yang menyinggung SARA dan berkonten negatif

Terima kasih :)