January 25, 2018

Belajar Esai Part 1 : Mengenal Esai dan Ciri-ciri Esai

Pengertian dan Ciri-ciri Esai - Kesempatan kali ini Blog Firdaus akan membahas tentang salah jenis teks. Teks tersebut bernama esai. Tahukah anda apa esai itu? Dan bagaimana ciri-cirinya? Dengan membaca artikel dibawah ini anda akan menemukan pertanyaan-pertanyaan tersebut.



Pengertian Esai

Berikut beberapa pengertian Esai yang telah dikutip dari berbagai sumber :

Menurut KBBI

Jika kita merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia, dapat kita ketahui bahwa esai memiliki pengertian "suatu tulisan atau karangan yang membahas suatu masalah berdasarkan pandangan pribadi penulisnya yang bersifat subjektif atau argumentatif yang didasari pandangan yang logis serta didukung oleh fakta."

Menurut Wikipedia

Menurut Wikipedia, Esai merupakan "tulisan yang menggambarkan pandangan atau opini penulis mengenai subjek tertentu yang coba dinilainya."


Menurut Beberapa Para Ahli


Soetomo : Menurut Soetomo Esai  yaitu suatu karangan pendek mengenai suatu masalah yang menarik perhatian untuk diselidiki dan dibahas dengan mengemukakan pendirian, pikiran, cita-cita dan juga sikapnya terhadap persoalan yang disajikan.

Umar Muktar : Pengertian Esai menurut Umar Muktar yaitu suatu karangan berbentuk prosa yang mengupas secara sepintas namun akurat, padat, dan berisi yang berisi tentang berbagai masalah, seperti politik, seni, budaya, dan juga kesustraan dari sudut pandang penulisnya.

Apriliani : Pengertian Esai menurut Apriliani adalah karangan berbentuk prosa yang membahas tentang suatu masalah secara sekilas dan lugas dari sudut pandang penulisnya.

Setelah membahas pengertian Esai, selanjutnya kita membahas tentang ciri-ciri Esai. Apa saja ciri-ciri Esai itu? Simak pada penjelasan di bawah ini :

Ciri-ciri Esai


Esai memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

1. Singkat 

Esai merupakan karangan singkat sehingga pembaca bisa membacanya dengan santai dalam waktu dua jam saja. Umumnya Esai hanya terdiri dari 3-4 paragraf saja.

2. Tidak Utuh

Artinya Esai ditulis oleh penulisnya hanya membahas hal-hal penting dan menarik dari objek serta subjek yang ditulisnya. Tetapi walaupun begitu Esai tetap harus memiliki keutuhan penulisan (mulai dari pendahuluan, pengembangan, sampai kesimpulan).

3. Berbentuk Prosa

Esai dikatakan berbentuk prosa karena bentuk komunikasi Esai menghindari penggunaan bahasa dari ungkapan figur.

4. Memiliki Ciri Personal

Artinya penulisan esai merupakan ungkapan sendiri penulis tentang pandangannya, pikirannya, dan sikapnya terhadap pembaca.

Dalam belajar Esai part 1 ini kita telah membahas tentang pengertian dan juga ciri-ciri Esai. Dalam part 2 nanti kita akan membahas seputar jenis-jenis Esai dan juga strukturnya. Sekian artikel ini penulis buat semoga bermanfaat bagi pembaca.

Selanjutnya >>> Belajar Esai Part 2

Komentarlah yang sopan
Jangan spam
Dilarang gunakan link aktif
Dilarang komentar yang menyinggung SARA dan berkonten negatif

Terima kasih :)