Belajar Esai Part 2 : Mengenal Jenis-Jenis dan Struktur Esai

Baca Juga Artikel Berikut Ini

Jenis-jenis dan struktur Esai - setelah pada pembelajaran Esai Part 1 sebelumnya telah kita bahas apa itu esai serta apa saja ciri-cirinya. Nah, pada kesempatan kali ini admin kembali akan menjelaskan seputar esai , yaitu membahas tentang jenis-jenis Esai dan struktur teksnya. Apa saja jenis-jenis Esai itu? Bagaimana strukturnya? Simak pada penjelasan berikut

Mengenal jenis dan struktur esai

Baca juga : belajar esai part 1 

Apa Saja Jenis-jenis Esai Itu? 


Jenis-jenis esai dibedakan berdasarkan ketrampilan analisis dalam penulisan esai dan beragam masalah yang timbul di sekitar kita. Berikut beberapa jenis esai yang patut anda ketahui :

  • Esai Argumentatif

Esai ini merupakan esai yang isinya bertujuan untuk meyakinkan pembaca  untuk menerima setiap ide, sikap, ataupun kepercayaan si penulis esai terhadap permasalahan  yang dijelaskan dalam esai yang dibuatnya.

  • Esai Cerita

Esai yang satu ini dibuat untuk menceritakan atau melukiskan sesuatu baik seseorang, barang, maupun lainnya agar bisa dibayangkan oleh pembaca.

  • Esai Paparan

Esai Paparan merupakan esai yang bertujuan untuk memaparkan secara rinci  suatu hal kepada pembaca. Selain itu esai ini juga memiliki tujuan utama dalam pembuatannya, yakni untuk memberikan edukasi atau informasi kepada pembaca.

  • Esai Ajakan

Esai jenis ini mengajak pembacanya terhadap 2 hal. Yang pertama pembaca untuk mengikuti penulis melakukan sesuatu hal, yang kedua mengajak pembaca untuk menghentikan sesuatu hal.

  • Esai Lukisan

Esai jenis ini merupakan suatu karangan yang menggambarkan sesuatu yang bertujuan membantu pembaca memahami apa yang ingin disampaikan

  • Esai Deskriptif

Esai ini bertujuan mendeskripsikan seseorang ataupun benda baik subjek maupun objek yang mampu menarik perhatian penulis esai. Objek yang dideskripsikan bisa berupa rumah, hewan, atau yang lainnya. Yang jelas didalam esai ini penulis mendeskripsikan sesuatu objek yang menarik perhatiannya.

  • Tajuk

Esai ini membahas tentang isu terhangat yang berkembang di masyarakat seperti politik, ekonomi, hukum, kebijakan pemerintah, dan lain sebagainya. Esai tajuk biasanya terdapat dalam surat kabar yang dimuat dalam kolom opini atau pendapat.

  • Esai Pribadi

Sesuai namanya, dalam esai ini penulis bercerita tentang dirinya sendiri dan mengutarakan pendapatnya seputar isu yang menarik perhatiannya.

  • Esai Kritik

Esai kritik  merupakan esai yang bertujuan memberikan kritikan kepada suatu karya sastra.

  • Esai Reflektif

Esai reflektif yaitu esai yang ditulis dengan tujuan merenungkan sesuatu isu penting yang sering ditulis seorang cendekiawan seperti isu politik dan kebijakan pemerintah.

  • Cukilan Watak

Esai cukilan watak menjelaskan bagaimana cuplikan watak seseorang yang terkait isu kepada pembaca. Esai cukilan watak tidak sama seperti biografi, di dalam esai cukilan watak  penulis hanya mengungkapkan sepenggal watak tokoh yang terkait dalam cerita didalam esai yang dibuat tersebut.

  • Artikel Penelitian

Merupakan esai yang berisi hasil yang didapat dari suatu penelitian. Esai ini  umumnya bertujuan memberikan pengetahuan buat di bidang penelitiannya atau mengkaji ulang penelitian sebelumnya dengan kondisi nyata saat ini.

Setelah membahas jenis-jenis esai, kita lanjut membahas tentang struktur esai. Apa saja struktur esai itu?

Struktur Esai


Suatu Esai memiliki struktur atau susunan yang harus di perhatikan seorang penulis esai yaitu sbb :

  • Pendahuluan

Struktur yang pertama yaitu pendahuluan. Di dalam pendahuluan ini kita bisa mengungkapkan apa topik atau tema yang akan kita bahas dalam esai yang kita buat. Di dalam pendahuluan juga dijelaskan tentang latar belakang atau pendapat pribadi  penulis seputar tema yang akan dibahas di dalam esai. Bagian pendahuluan ini bisa menjadi jembatan pengantar antara pembaca untuk memahami topik atau tema yang dibahas di dalam esai sehingga pembaca lebih mudah memahami isinya.

  • Isi

Bagian ini merupakan inti dari suatu esai. Pada bagian isi dijelaskan tentang topik yang dibahas secara lebih mendetail. Di dalam isi esai, penulis menerangkan pendapatnya secara kronologis sesuai ide yang telah dibuatnya.

  • Kesimpulan

Pada bagian terakhir esai berisi kesimpulan tentang apa yang telah dibahas pada pendahuluan dan isi esai. Kesimpulan ini harus benar-benar sesuai topik tidak boleh menjauh dari topik yang telah dibahas.

Itulah artikel tentang jenis-jenis dan struktur esai. Untuk pembelajaran Esai Part Selanjutnya kita akan membahas bagaimana cara membuat esai dan dilengkapi dengan contohnya. Penasaran bukan? Makanya tetap kunjungi blog ini dan dapatkan informasi-informasi yang insyaallah berguna bagi pembaca sekalian.

Selanjutnya >>> Belajar esai part 3



Dapatkan Update Artikel Blog Firdaus Melalui Email

Bila pembaca merasa bahwa artikel-artikel di blog Firdaus bermanfaat, pembaca bisa memberikan sedikit donasi melalui Rekening BRI. Dana hasil dari donasi tersebut akan digunakan untuk memperpanjang domain Blog Firdaus Terima kasih.

Comments

Komentarlah yang sopan
Jangan spam
Dilarang gunakan link aktif
Dilarang komentar yang menyinggung SARA dan berkonten negatif

Terima kasih :)