August 7, 2017

Tips Menghemat Keuangan

Uang adalah salah satu hal yang penting dan tidak dapat terpisahkan dari kehidupan manusia. Dengan uang kita dapat memenuhi apa yang menjadi kebutuhan kita. Dengan uang dapat memenuhi kebutuhan pangan, sandang, dan papan. Sebagai contoh kita bisa membeli nasi atau beras untuk makan, pakaian untuk digunakan, dan rumah untuk ditinggali. Semua itu bisa diperoleh dengan uang. Karena begitu pentingnya uang, tidak salah rasanya ada ungkapan mengatakan bahwa "manusia tidak bisa hidup tanpa uang.
Mengatur keuangan tidak semudah yang kita bayangkan. Gaya hidup kebanyakan orang yang boros membuatnya kesulitan mengatur keuangan pada rumah tangganya. Perlu adanya balance antara pengeluaran dan pemasukan supaya sistem keuangan menjadi lebih tertata dan tidak lagi mengalami collapse di kemudian hari. Kita bisa menghemat keuangan dengan mengikuti tips-tips berikut ini :

a. Buat catatan belanja
Dengan membuat catatan belanja kita bisa mengetahui pemasukan dan pengeluaran kebutuhan sehari hari. Dengan begitu kita bisa mengatur berapa pengeluaran yang harus kita keluarkan supaya tidak lebih besar pasak daripada tiang. Jadi kita tidak merasa kaget kalau tiba-tiba keuangan kita menipis karena pengeluaran kita yang terlalu banyak

b. Belilah barang yang dibutuhkan, bukan yang diinginkan
Terkadangv saat memiliki uang banyak kita tergoda untuk membeli segalanya. Tapi tahukah kamu? Hal itu justru semakin membuatmu tergoda untuk menghabiskan uangmu. Memang tidak ada yang salah jika kita ingin membeli segalanya dari uang kita sendiri, tapi alangkah lebih  baik jika kita lebih memfilter lagi barang mana yang sebaiknya kita beli. Jadi kita tidak perlu membeli banyak sekali barang, cukup barang yang kita butuhkan saja. Sisa uang bisa kita tabung jika suatu saat kita membutuhkannya.

C. Belilah sesuatu dengan harga terjangkau
Tampaknya cara ini mudah dilakukan, terbukti banyak orang yang suka membeli sesuatu dengan harga murah. Tidak peduli orang kaya atau miskin semua pasti menyerbu jika ada barang dijual dengan harga murah. Dengan membeli sesuatu dengan harga murah, kita bisa menghemat pengeluaran sehingga uang kita tidak cepat habis.

3 cara diatas bisa kita lakukan untuk menghemat keuangan kita. Sehingga kita tidak mengalami lebih besar pasak daripada tiang. Dan keuangan kita menjadi sehat dan tidak mengalami kesulitan di kemudian hari. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca  mohon maaf jika terdapat kesalahan penulisan dan terima kasih atas kunjungannya di blog sederhana ini :)o

Komentarlah yang sopan
Jangan spam
Dilarang gunakan link aktif
Dilarang komentar yang menyinggung SARA dan berkonten negatif

Terima kasih :)