May 25, 2017

Filosofi Pion Catur

Sumber gambar : isigood.com

Pernahkah kalian bermain catur? Ya permainanan yang dilakukan diatas papan berukuran 8 x 8 kotak ini ternyata memiliki banyak pelajaran hidup yang dapat kita petik. 

Banyak buah catur yang ada dalam permainan catur. Seperti raja, ratu, kuda, benteng ataupun gajah. Mungkin kebanyakan orang sangat menyukai Ratu karena pergerakan yang paling fleksibel bisa menjangkau daerah manapun untuk memakan musuh. Ratu juga salah satu buah catur yang paling dilindungi selain Raja. Banyak yang beranggapan jika Ratu kita telah dimakan oleh musuh maka harapan kita untuk menang menipis. Namun ada juga yang suka kuda karena pergerakannya yg istimewa membentuk huruf L. Dan mungkin ada juga yang menyukai benteng ataupun gajah.

Namun adakah yang menyukai pion? Mungkin sedikit yang suka. Tetapi anda harus tau, meskipun pion dianggap paling lemah tetapi hanya pionlah yang bisa melakukan hal ini yang tidak bisa dilakukan oleh buah catur lain.


1. Pion memang lemah, tetapi jumlah merekalah yang paling banyak

Pion memang lemah, tetapi jumlah mereka paling banyak sehingga mereka dapat bekerja sama untuk melawan musuh. Kebanyakan pecatur yang handal menggunakan cara membentuk formasi pion untuk melawan musuhnya. Dari hal ini kita dapat memetik pelajaran gotong royong dan saling tolong menolong

2. Pion rela berkorban demi kemenangan timnya 

Terkadang pecatur mengorbankan pion supaya dimakan oleh musuh agar mendapatkan buah catur musuh yang lebih bagus lagi. Ketika pion dimajukan, ada Ratu yang memakan pion tersebut tetapi itu hanyalah jebakan, ternyata ada buah catur lain yang siap memakan sang Ratu. Dari sini kita dapat memetik pelajaran bahwa ada seseorang yang rela berkorban demi seseorang yang dicintai.

3. Pion berada dalam garda terdepan untuk melindungi Raja dan juga buah catur lainnya

Tak bisa dibayangkan jika permainan catur tanpa adanya pion. Karena pionlah yang berada digaris terdepan untuk memulai permainan dan juga melindungi buah catur yang berada dibelakangnya. Dari hal ini kita dapat memetik pelajaran bahwa meskipun kita adalah orang yang biasa biasa saja tetapi kita bisa melakukan kontribusi yang besar dalam suatu tim atau kelompok.

4. Pion satu satunya buah catur yang tidak pernah berjalan mundur

Sehebat hebatnya pergerakan Ratu ataupun seunik uniknya pergerakan kuda namun mereka tetap saja mundur ketika tertekan oleh musuh. Tetapi tidak bagi pion. Meskipun pergerakannya terbatas tetapi hanya pionlah yang pantang untuk berjalan mundur. Mereka terus maju tanpa peduli apa yang terjadi nantinya pada mereka di depan. Dari hal ini kita dapat memetik pelajaran janganlah menyerah dan jangan pernah mundur untuk menggapai semua impiannmu meskipun banyak halangan dan rintangan yang akan kita hadapi

5. Atas perjuangan pion yang tidak pernah mundur, ketika sampai di ujung papan pion bisa menjadi apapun

Dalam permainan catur ketika sebuah pion berhasil mencapai ujung papan maka dia bisa berubah menjadi apapun yang dia inginkan. Hal ini tentunya pantas bagi pion atas kerja keras dan pantang menyerah dari pion selama permainan. Kita boleh saja dianggap lemah; tetapi dengan perjuangan keras yang kita lakukan kita dapat menggapai impian kita. Ingat... hasil tidak akan mengkhianati usaha yang kita lakukan.

Begitulah filosofi yang dapat kita petik dari sebuah pion catur. Semoga bisa menginspirasi pembaca dan pelajarannya bisa ketik petik dapat kita lakukan di kehidupan nyata. Sekian mohon maaf jika adalah salah kata dan Terima kasih telah sempat membaca blog ini


1 komentar so far

Fastabiqul khairat ....
Berlomba dalam kebaikan.

Jika ingat akan sebuah tausyiah. Di situ dikatakan, "kerana hidup, bukanlah tentang siapa yang terbaik. Melainkan siapa yang berbuat baik."

Semangat menebar manfaat. Walau itu dianggap kecil di mata manusia. Tapi bukankah langit tahu?
Luruskan niat kita kerana Allah.
Bismillah ....

Komentarlah yang sopan
Jangan spam
Dilarang gunakan link aktif
Dilarang komentar yang menyinggung SARA dan berkonten negatif

Terima kasih :)