3 Cara Tepat dalam Penanganan Luka Bakar

Baca Juga Artikel Berikut Ini

Penanganan luka bakar
Luka bakar, gambar via Wikipedia

Apakah Anda pernah mengalami luka bakar? Luka bakar merupakan jenis luka yang tidak boleh dianggap sepele. Jika penanganannya tidak tepat, maka bekas luka bakar akan sulit hilang dan justru semakin parah. Dalam dunia medis, luka bakar sendiri dikenal dengan situlah combustion atau cedera pada tubuh yang diakibatkan oleh suhu yang tinggi.

Cara Penanganan Luka Bakar di Rumah
Luka bakar terdiri dari berbagai macam jenis. Berbagai macam obat luka bakar goapotik biasanya digunakan untuk mengatasi berbagai tingkatan keparahan luka bakar. Jika Anda mengalami luka bakar ringan, maka cobalah untuk merawatnya sendiri di rumah. Beberapa cara yang bisa dilakukan antara lain

Kompres Luka dengan Air Dingin

Jika kulit Anda memerah dan bengkak akibat luka bakar, maka cara penanganan pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mengompres luka dengan menggunakan air dingin. Air dingin sangat bermanfaat karena dapat membantu menurunkan suhu dan juga meredakan bengkak. Aplikasikan selama 5-15 menit saja agar iritasi tidak semakin parah.

Aplikasikan Obat Luka Bakar Antibiotik
Untuk mencegah terjadinya infeksi lebih lanjut, maka Anda bisa mengaplikasikan obat pada daerah luka bakar. Untuk mengetahui jenis obat yang sesuai dengan kondisi luka, maka Anda bisa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Penggunaan obat luka bakar sangat bermanfaat untuk mencegah infeksi luka akibat bakteri.

Jauhi Paparan Sinar Matahari

Luka bakar yang masih baru cenderung sensitive terhadap sinar matahari. Oleh karena itu agar luka tidak semakin parah usahakan untuk menghindari paparan sinar matahari. Namun jika Anda harus beraktivitas di luar rumah, maka lindungi luka bakar dari paparan sinar matahari dengan menutupnya menggunakan pakaian tertutup.

Luka bakar memang tidak menimbulkan bahaya yang mengancam, namun jika perawatan yang dilakukan tidak tepat, luka bakar justru akan menimbulkan infeksi dan juga iritasi yang akan memperparah kondisi kulit. Untuk mencari berbagai jenis obat luka bakar yang sesuai dengan luka, Anda bisa mencarinya di www.goapotik.com. Selain obat luka bakar, obat untuk pilek akibat rhinitis alergi juga bisa ditemukan di sini.

Dapatkan Update Artikel Blog Firdaus Melalui Email

Bila pembaca merasa bahwa artikel-artikel di blog Firdaus bermanfaat, pembaca bisa memberikan sedikit donasi melalui Rekening BRI. Dana hasil dari donasi tersebut akan digunakan untuk memperpanjang domain Blog Firdaus Terima kasih.

Comments

Komentarlah yang sopan
Jangan spam
Dilarang gunakan link aktif
Dilarang komentar yang menyinggung SARA dan berkonten negatif

Terima kasih :)