Cara Meningkatkan Gizi Balita Dengan Mudah

Baca Juga Artikel Berikut Ini

Cara meningkatkan gizi balita

Semua orang tua tentu selalu berharap hal yang terbaik bagi anak anaknya. Terutama, saat masih dalam masa balita. Perkembangan si kecil harus diberikan tambahan agar lebih baik.

Gizi balita, menjadi prioritas yang utama. Karena, jika gizi yang diberikan seimbang maka akan memberikan manfaat untuk perkembangan dari balita.Secara tidak sadar, sangat sering balita menjadi kurang gizi. Tentunya,karena memang
kurangnya pemahaman dari para orang tua.

Hal ini menyebabkan balita menjadi mudah dalam terkena beberapa masalah. Seperti penyakit yang bisa saja menyerang pada balita. Untuk itu, harus segera dilakukan penanganan. Salah satunya melakukan peningkatan gizi balita agar selalu sehat. Bagaimana caranya? Simak selengkapnya ada pada artikel dibawah ini.

Beberapa Cara Meningkatkan Gizi Balita

Pada usia kecil inilah, seharusnya gizi dari balita terpenuhi dengan lebih baik. Beriut
beberapa cara yang bisa dilakukan:

Perhatikan Pola Makan

Langkah awal yang perlu anda lakukan yaitu dengan memperhatikan pola makan. Mengapa demikian? Karena, pola makan dari si kecil memang harus diketahui gizinya. Apakah selama ini mengkonsumsi hal yang kurang sesuai? Atau, memang tidak memiliki gizi sama sekali.

Sebagai orang tua, sudah seharusnya untuk membantu dalam memperhatikan pola makan. Jangan biarkan, pola makan si kecil dibiarkan bebas begitu saja. Karena, orang tua harus memberikan makanan yang memiliki gizi tinggi. Yaitu, dengan memperhatikan 4 sehat, 5 sempurna. Dengan begitu, dijamin balita akan menjadi lebih baik dalam perkembangannya.

Berikan ASI Secara Rutin

Sampai saat ini, apakah anda memberikan ASI secara rutin? Jika ya, maka sudah cukup baik. Namun, jika belum maka harus dilakukan dengan segera. Karena, balita masih sangat membutuhkan ASI dalam perkembangannya. ASI memiliki banyak sekali kandungan yang baik untuk kebutuhan dari balita.

Oleh karena itu, berikanlah ASI secukupnya. Jangan ganti terlebih dahulu dengan menggunakan susu bubuk. Boleh saja menggunakan susu instan yang tersedia di banyak toko. Namun, bukan sebagai susu yang utama untuk bayi. Melainkan, hanya digunakan untuk dampingan saja. Karena, susu murni tersebut jauh lebih baik gizinya.

Gunakan MPASI Yang Sesuai

Mungkin, banyak dari para ibu yang sudah mulai memberikan MPASI. Makanan
pendamping ASI memang boleh saja diberikan. Hanya saja, tidak disarankan untuk pemberian yang kurang tepat. Untuk pemberian yang dilakukan sangat baik jika memiliki kandungan yang baik.

Yaitu, dengan penggunaan sayuran ataupun buah buahan. Kemudian, diolah untuk bisa dijadikan sebagai MPASI. Karena, berbagai macam olahan bisa dibuat untuk dijadikan sebagai makanan pendamping.

Porsi Sedikit Namun Sering

Banyak dari para orang tua yang masih belum paham mengenai pemberian makan yang benar. Cobalah untuk tidak memberikannya secara berlebihan, melainkan dapat diberikan sedikit. Serta, untuk pemberiannya yaitu dilakukan secara sering.

Umumnya, untuk pemberiannya yaitu dapat dilakukan setiap jam sekali. Baik berupa ASI maupun MPASI sesuai dengan kebutuhan dari balita. Dengan begitu, dapat dipastikan bahwa perkembangan gizi dari balita akan menjadi lebih baik lagi.

Cara meningkatkan gizi balita diatas tentu sangat bisa anda lakukan. Tentunya, untuk
membuat tubuh balita menjadi lebih baik. Kesehatan merupakan hal yang sangat penting. Jangan sampai, anak anda tumbuh berkembang dengan kondisi kurang tepat. Semoga bermanfaat!

Dapatkan Update Artikel Blog Firdaus Melalui Email

Bila pembaca merasa bahwa artikel-artikel di blog Firdaus bermanfaat, pembaca bisa memberikan sedikit donasi melalui Rekening BRI. Dana hasil dari donasi tersebut akan digunakan untuk memperpanjang domain Blog Firdaus Terima kasih.

Comments

Komentarlah yang sopan
Jangan spam
Dilarang gunakan link aktif
Dilarang komentar yang menyinggung SARA dan berkonten negatif

Terima kasih :)