5 Cara Mudah Memilih Ban Motor Berkualitas Tinggi

Baca Juga Artikel Berikut Ini

Cara Memilih Ban Motor Berkualitas

Ban motor bisa dibilang adalah bagian paling esensial dari sebuah motor. Memilih bagian motor yang satu ini tentunya tidak boleh sembarangan. Selain merek , spesifikasi ban juga sangat mempengaruhi tingkat kualitas ban saat dipakai nantinya.

Motor mungkin sudah jadi kebutuhan utama bagi sebagian penduduk Indonesia. Selain lebih efisien dan dianggap lebih cepat, motor dianggap bisa mempercepat perjalanan karena dapat diandalkan memecah kemacetan dan juga melewati jalan yang sempit.

Anda yang biasa mengendarai motor, pasti sangat memperhatikan detail motor anda tanpa terkecuali. Terutama bagian ban motor itu sendiri. Selain sangat mempengaruhi performa. Ban juga menjadi kunci utama keselamatan anda dalam berkendara di jalanan.

Cara Mudah Memilih Ban Motor Berkualitas

Sama seperti komponen motor lainnya. Ban juga bisa mengalami habis masa pakai. Nah jika kebetulan anda sedang ingin mengganti ban dan mungkin mengincar ban dengan merek tertentu.

Di bawah ini ada beberapa tips yang bisa anda gunakan dalam memilih ban dengan kualitas terbaik:

1. Perhatikan Kebutuhan

Selain memperhatikan budget yang anda miliki. Hal pertama yang harus anda pertimbangkan adalah kebutuhan ban yang akan anda beli nantinya, Apakah anda akan membeli ban untuk touring, off road atau hanya digunakan untuk berkendara sehari- hari saja.

Mungkin ada di antara anda yang sangat menyukai modifikasi pada salah satu komponen motor. Tapi sebaiknya janga memodifikasi ban. Karena jika tidak tepat bisa jadi hal ini justru akan mengancam keselamatan anda saat berkendara. Cukup beli ban yang sesuai dengan kebutuhan motor anda saja.

2. Cek Reputasi Merek Yang Dipilih

Sumber gambar : corsatire.co.id

Di pasaran mungkin anda sudah melihat banyak sekali merek ban yang tidak diragukan lagi kualitasnya. Selain memilki quality control yang baik. Ban- ban yang hadir dari beberapa merek terbaik biasanya memiliki daya tahan serta masa pakai yang cukup lama.

Sehingga tidak perlu diragukan lagi performanya saat digunakan. Beberapa merek ban yang bisa anda pertimbngkan adalah Michelin, Corsa, Brigdestone juga IRC. Tapi jika anda mencari kualitas baik dengan harga bersahabat produk Yamaha mungkin bisa menjadi pilihan anda. Terutama bagi anda pecinta motor matic.

3. Pilih Ban Basah Atau Kering

Pemilihan ban basah dan kering menjadi sangat penting untuk dilakukan, Karena hal ini akan berpengaruh pada performa motor yang anda kendarai. Untuk keselamatan dan kenyamanaan, pengendara motor di Indonesia disarankan tidak menggunakan ban kering.

Karena selain ban ini dikhususkan untuk balapan. Ban kering akan terasa lebih licin saat melintasi genangan dan beresiko menyebabkan terpeleset saat di rem mendadak. Untuk itu disarankan mengunakan ban basah (wet dry). Karena ban jenis ini akan berjalan dengan normal di keadaan kering dan tetap aman digunakan saat jalanan dalam keadaan basah sekalipun.

4. Sesuaikan Motif, Tanggal Pembuatan dan Ukuran Ban

Jika kebetulan memilih ban dengan spesifikasi wet dry. Anda harus teliti dalam memperhatikan dan mengecek motif pada ban baru. Pastikan motif ban benar-benar tepat dan sampai menyentuh tepi ban. Lalu sesuaikan ukuran dengan motor anda. Jika anda kesulitan untuk mengeset ukuran. Serahkan pada ahlinya saja.

Kemudian sebelum memasang ban yang baru di beli di motor kesayangan. Ada baiknya mengecek terlebih dahulu tanggal pada dinding ban. Misal pada ban Corsa , jika ada tulisan 1218. Maka ban yang anda beli dibuat pada bulan 12 dan tahun 2018.

5. Pilih Ban Dengan Permukaan Telapak Sedang

Bagi penggemar modifikasi motor. Menggunakan ukuran ban yang cukup kecil seperti desain Thailook memang cukup unik. Tapi ban jenis ini memiliki resiko selip saat digunakan pada jalanan basah.

Nah untuk menghindari hal itu terjadi. Anda disarankan untuk memilih ban dengan ukuran telapak sedang. Karena ban ini sesuai dengan bawaan pabrikan motor apapun.

Itulah 5 tips memilih ban motor berkualitas yang dapat dengan mudah anda praktekkan untuk mengecek kualitas ban yang akan anda beli. Agar anda tidak hanya sebagai pemakai. Namun juga bisa bertindak sebagai pembeli cerdas yang paham betul pada apa yang sedang anda beli.

Dapatkan Update Artikel Blog Firdaus Melalui Email

Bila pembaca merasa bahwa artikel-artikel di blog Firdaus bermanfaat, pembaca bisa memberikan sedikit donasi melalui Rekening BRI. Dana hasil dari donasi tersebut akan digunakan untuk memperpanjang domain Blog Firdaus Terima kasih.

Comments

Komentarlah yang sopan
Jangan spam
Dilarang gunakan link aktif
Dilarang komentar yang menyinggung SARA dan berkonten negatif

Terima kasih :)