5 Cara Mendapatkan Kepercayaan Pelanggan bagi Pebisnis Pemula

Baca Juga Artikel Berikut Ini

Kiat dan cara mendapatkan kepercayaan pelanggaran

Kepercayaan pelanggan harus diakui menjadi sesuatu yang penting bagi pebisnis online. Terutama bagi seseorang yang baru terjun di bisnis ini, wajib rasanya untuk bisa mendapatkan kepercayaan dari pembeli. Memang perlu usaha untuk mendapatkannya, namun jika anda berhasil memperoleh hal tersebut sulit rasanya bagi pelanggan anda untuk berpindah ke lain hati. Beberapa hal ini perlu dilakukan guna memperoleh kepercayaan konsumen anda :


Cara Mendapatkan Kepercayaan Pelanggan

1. Jangan Malas Menjawab Pertanyaan dari Calon Pembeli

Sudah barang tentu bagi seseorang yang baru mengetahui anda berjualan suatu produk tidak mungkin langsung membelinya. Ia harus tau dulu harga, kualitas, dan kuantitas dari produk yang dijual. Bagaimana cara dia mengetahuinya? Tentu dengan bertanya kepada anda sebagai penjualnya.

Pada posisi ini banyak penjual yang malas melayani pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan baik. Mereka berdalih : "Untuk apa bertanya jika akhirnya tidak membeli?" Perlu diketahui, lontaran-lontaran pertanyaan tersebut diucapkan dengan dua tujuan yakni memang ingin bertanya, jika memang barang cocok ya dibeli jika tidak ya maka ditunda dulu. Tujuan kedua sebenarnya hanya untuk mengetes anda saja sebagai penjual bagaimana memperlakukan konsumen.

Jika anda mengabaikan, tentu saja calon pembeli menganggap anda tidak bisa melayani konsumen dengan baik. Alhasil, anda gagal mendapatkan pembeli hanya disebabkan tidak bisa menjadi pendengar yang baik. Maka dari itu, sebisa mungkin anda harus menjawab pertanyaan dengan baik, sopan, dan juga jelas. Kalaupun tak jadi membeli setidaknya anda tidak dicap sebagai penjual yang acuh.

2. Selalu Jujur Kepada Konsumen

Bisnis bukan sekedar mencari untung belaka, namun ada nilai-nilai yang terkandung didalamnya yakni sebuah kejujuran. Sebuah bisnis bisa hancur hanya karena setitik kebohongan. Jujur dalam berwirausaha itu penting, agar kepercayaan pelanggan menjadi hancur dan akhirnya membuat ia menjadi kecewa.

Pastikan anda menyampaikan secara jujur dan terbuka mengenai produk yang dijual. Tentang kualitas, harga, daya tahan, dan lain sebagainya dengan benar tanpa dikurangi dan ditambah-tambahkan. Sekalipun barang yang anda jual bukan ori alias kw, saya rasa tetap sampaikan dulu di awal kepada konsumen. Daripada ia kecewa dibelakang nantinya. Jangan sampai usaha anda hancur hanya karena suatu kebohongan.

3. Pasang Profil yang Jelas

Profil disini juga sangat penting untuk mendapatkan kepercayaan. Tak hanya produk yang ditampilkan secara jelas, melainkan anda sebagai penjual harus memberikan informasi yang terang mengenai siapa anda kepada calon pembeli, salah satunya melalui profil Facebook. Profil yang jelas disini paling tidak mencakup foto dan nama. 

Jangan sekalipun berjualan dengan menggunakan nama palsu dan foto yang tidak jelas. Sudah pasti, anda dikira sebagai seorang penipu dalam dunia transaksi online. Jika awalnya saya sudah dikira pendusta,  tentu sangat sulit bagi pebisnis online mendapatkan kepercayaan lebih dari konsumennya.

4. Berikan Kesan Pertama yang Baik dengan Konsumen

Berikan kesan terbaik untuk pembeli pertama anda. Beri dia service terbaik hingga akhirnya puas dengan layanan yang anda berikan. Jangan sedikitpun membuatnya kecewa dengan segala hal yang membuat dia merasa anda bukanlah seller yang baik.

Jika ia bertanya, maka jawablah dengan jelas dan menggunakan bahasa yang sopan, berikan dia keramahan dan tutur kata yang baik sehingga puas dengan pelayanan yang anda berikan. Kesan awal yang baik membuat tingkat kepercayaan juga semakin baik nantinya.

5. Tonjolkan Nilai Lebih pada Produk/Jasa Anda

Setiap konsumen tentu saja menginginkan yang terbaik dari apa yang dibelinya. Jika anda berhasil melakukannya, maka bukan tidak mungkin semakin tertarik dengan produk atau jasa yang anda jual sehingga tertarik untuk membelinya kembali. Untuk lebih meyakinkan lagi, anda harus menonjolkan nilai lebih pada produk atau jasa yang anda jual.

Contohnya, berjualan baju dengan bahan terbaik yang tidak dimiliki penjual lainnya atau misal saja anda membuka jasa penulisan artikel proses pengerjaannya yang sangat cepat. Diharapkan, semakin tau konsumen mengenai nilai lebih suatu produk maka semakin meningkat pula tingkat kepercayaannya.


Penutup

Kepercayaan itu sungguh sangat mahal harganya. Untuk itu perlu dipupuk sedari awal agar kepercayaan itu semakin tumbuh hingga omzet penjualan anda bisa meningkat. Kelima cara mendapatkan kepercayaan pelanggan pada artikel diatas bisa anda coba guna membuat toko penjualan anda menjadi laris dengan teknik tersebut, semoga bermanfaat.

Dapatkan Update Artikel Blog Firdaus Melalui Email

Bila pembaca merasa bahwa artikel-artikel di blog Firdaus bermanfaat, pembaca bisa memberikan sedikit donasi melalui Paypal Dana hasil dari donasi tersebut akan digunakan untuk memperpanjang domain Blog Firdaus - Terima kasih.

Comments

Komentarlah yang sopan
Jangan spam
Dilarang gunakan link aktif
Dilarang komentar yang menyinggung SARA dan berkonten negatif

Terima kasih :)