Penjelasan Mengenai Unsur-unsur Kepribadian pada Manusia

June 26, 2018

Baca Juga Artikel Berikut Ini

Sebelumnya kita sudah membahas tentang pengertian kepribadian dan juga ciri-cirinya, saat ini admin akan memberikan penjelasan unsur-unsur kepribadian yang ada pada diri manusia. Apa saja unsur-unsurnya?

Unsur-unsur Kepribadian Pada Manusia

Unsur-unsur Kepribadian

Menurut Prof.Dr.Koentjaraningrat, seorang antropolog tanah air, beliau membagi kepribadian menjadi 3 unsur yakni :

  • Pengetahuan
Pengetahuan menjadi hal paling mendasar yang dimiliki seseorang di dalam akal pikirannya. Hal ini dikarenakan setiap pengetahuan manusia berasal dari pola pikir rasional mengenai fantasi, pemahaman, serta pengalaman berbagai hal yang diperoleh dari lingkungan sekitar.  Pengalaman itu terekam di dalam otaknya dan secara perlahan terungkap dalam bentuk perilaku di kehidupan masyarakat.

  • Perasaan
Perasaan dapat diartikan sebagai suatu keadaan dalam kesadaran manusia yang karena pengaruh pengetahuannya dinilainya sebagai keadaan positif/negatif (Koentjaraningrat, 1986). Perasaan bersifat subyektif, setiap orang memiliki perasaan yang tidak sama. Si A boleh saja bahagia menghadapi peristiwa tersebut, namun belum tentu dengan Si B, C dan yang lainnya.

  • Dorongan Naluri
Setiap manusia memiliki hasratnya masing-masing untuk memenuhi kebutuhan hidup, baik secara jasmani maupun rohani. Beberapa contoh dorongan naluri yaitu mempertahankan hidup, mencari makan, dan juga berinteraksi antar sesama manusia.


Itulah sedikit penjelasan singkat mengenai unsur-unsur kepribadian menurut Koentjaraningrat, semoga bermanfaat bagi anda.

Dapatkan Update Artikel Blog Firdaus Melalui Email

Bila pembaca merasa bahwa artikel-artikel di blog Firdaus bermanfaat, pembaca bisa memberikan sedikit donasi melalui Rekening BRI. Dana hasil dari donasi tersebut akan digunakan untuk memperpanjang domain Blog Firdaus Terima kasih.

Comments

Komentarlah yang sopan
Jangan spam
Dilarang gunakan link aktif
Dilarang komentar yang menyinggung SARA dan berkonten negatif

Terima kasih :)