Berikut 5 Manfaat Menjadi Penulis Tamu (Guest Post) di Blog Orang Lain

Baca Juga Artikel Berikut Ini

Manfaat menjadi penulis tamu - Tahukah anda? Bahwa jika anda menjadi penulis tamu atau yang lebih dikenal dengan sebutan guest post bisa membawa keuntungan dan manfaat bagi blog anda sendiri? Menjadi guest blogger sejatinya tidak hanya melatih kemampuan menulis kita, ada manfaat lain yang bisa anda dapatkan. Apa sajakah itu?

Manfaat Menjadi Penulis Tamu/Guest Post
Images Source : pixabay.com


Apa Saja Manfaat Menjadi Penulis Tamu di Blog Orang Lain?

Sebelumnya, anda jangan salah menafsirkan terlebih dahulu. Jadi penulis tamu memang menguntungkan. Tetapi, anda juga harus tau jika guest post yang anda lakukan tidak selalu menguntungkan bagi anda.

Pastikan anda benar-benar melakukannya di blog yang memiliki trafik yang bagus, blog yang berkualitas, dan yang pastinya bukan blog yang mengandung unsur negatif. Bukan keuntungan yang didapat, malah kerugian yang anda dapatkan.

Dengan menjadi penulis tamu di blog yang berkualitas, anda akan mendapatkan manfaat berikut ini


  • Mendapatkan Backlink Berkualitas

Meski pengaruhnya kecil terhadap SEO, namun backlink sebenarnya tetap memiliki pengaruh untuk memperkuat posisi blog di serp. Asalkan, anda bisa mendapatkan backlink yang benar-benar berkualitas. Salah satu caranya yaitu dengan menjadi penulis tamu.

Biasanya, admin blog akan mencantumkan link blog kita pada blognya. Link itu yang menjadi sumber backlink. Ketika ada seseorang yang berkunjung ke blog tersebut dan ada yang mengklik link blog anda, maka anda mendapatkan manfaat yang kedua yaitu :

  • Meningkatkan Trafik Blog 

Dengan mendapatkan backlink, maka secara tidak langsung akan meningkatkan trafik blog anda. Asalkan, anda benar-benar menulis artikel yang berkualitas bukan konten yang asal-asalan. Tanpa menulis artikel berkualitas, percuma rasanya tidak akan bisa membuat trafik blog anda.


Alasannya, sudah pasti pengunjung blog tempat anda melakukan guest post tidak akan mau membuka artikel yang anda buat. Selain itu, reputasi anda menjadi buruk di mata admin blog sehingga resiko ditendang dari daftar penulis bisa saja terjadi.

  • Menambah Banyak Teman Blogger

Ketika anda menjadi penulis tamu di blog orang lain, maka secara tidak langsung anda melakukan silaturahmi dengan pemilik blog tersebut. Apalagi jika anda berhasil membuat konten yang membuat sang pemilik jatuh cinta akan konten yang anda buat.

Hal itu sangat bagus, anda bisa saja diajak kerjasama jangka panjang untuk membangun blog secara bersama-sama. Hal ini tentu menguntungkan kedua belah pihak. Pertemanan pun bisa berlangsung dalam jangka waktu yang sangat lama.

  • Sebagai Ajang Promosi

Jadi penulis tamu secara tidak langsung berarti anda melakukan promosi untuk blog anda.  Saat anda melakukan guest blogger, terkadang pemilik blog tersebut akan menampilkan data-data dan info tentang blog yang anda miliki serta data profil anda. Hal ini tentu bisa jadi promosi branding yang bagus.

Baca Juga : Pentingnya Promosi Blog

Terlebih lagi jika anda melakukannya pada blog yang sudah memiliki nama besar. Promosi anda semakin bagus dan juga berkualitas.

  • Melatih Kemampuan Menulis

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa kemampuan menulis anda bisa terlatih dengan menjadi penulis di blog orang lain. Ketika anda menulis, maka anda langsung mendapat masukan tentang kualitas tulisan anda. Hal itu tentu bisa memberikan gambaran, apakah tulisan yang dibuat bagus atau tidak di mata orang lain.

Bacaan Lain : Tips Menulis Artikel Berkualitas

Selain itu juga, ada beberapa blog yang menerapkan sistem seleksi dengan cara mengirimkan tulisan (terutama bagi blog-blog besar). Tidak sembarangan tulisan bisa diterbitkan. Jika anda gagal, maka anda akan termotivasi untuk membuat artikel yang lebih bagus lagi.

Kesimpulan
Menulis di blog orang lain memiliki banyak keuntungan dan juga manfaat yang tentunya sangat disayangkan jika tidak anda coba. Tak hanya untung bagi anda saja, pemilik blog pun juga mendapatkan keuntungan yaitu mendapatkan artikel berkualitas dari anda.

Jadi, itulah 5 manfaat menjadi penulis tamu (guest post) yang bisa anda dapatkan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi semua. Jika menurut pembaca artikel blog firdaus bermanfaat, anda bisa langsung berlangganan artikel secara gratis dengan mencantumkan email anda pada kotak follow by email yang terdapat di bawah tombol share dibawah ini. Terima kasih

Dapatkan Update Artikel Blog Firdaus Melalui Email

Comments

Komentarlah yang sopan
Jangan spam
Dilarang gunakan link aktif
Dilarang komentar yang menyinggung SARA dan berkonten negatif

Terima kasih :)