April 20, 2018

Anda Harus Tau, Berikut Daftar PTN yang Mengadakan Ujian Mandiri Tanpa Tes 2018

Ujian SBMPTN telah selesai dilaksanakan pada 8 Mei 2018 kemarin. Kini calon mahasiswa tinggal menunggu hasil dari apa yang telah mereka kerjakan kemarin. Meskipun seleksi mandiri masih lama dilaksanakan, namun informasi yang akan admin berikan ini rasanya penting untuk anda ketahui khusus bagi anda yang tahun ini sedang mencari kampus idaman.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, ujian SBMPTN dinilai sebagai salah satu seleksi masuk perguruan tinggi negeri yang sangat ketat menjaring calon mahasiswanya. Hanya sedikit dari ribuan pendaftar yang ditanyakan lolos SBMPTN. Itulah memang yang namanya kompetisi, yang pasti hanya memilih yang terbaik diantara yang baik.

Kegagalan SBMPTN membuat calon mahasiswa dihadapkan pada 1 gerbang lagi untuk menuju kampus idaman. Gerbang tersebut bernama ujian mandiri. Ujian mandiri merupakan seleksi masuk perguruan tinggi negeri dengan melakukan tes di kampus sesuai dengan pilihan calon mahasiswa.

Tes lagi, lagi, dan lagi. Belum kering air mata karena mengenang kegagalan SBMPTN masih harus menghadapi tes lagi membuat kepala menjadi pusing. Memang  beberapa PTN melakukan ujian mandiri dengan melakukan ujian di kampus masing-masing, tapi tidak dengan beberapa PTN yang akan admin jelaskan

Ujian Mandiri Tanpa Tes? Memang Ada?

Tentu ada dan sangat mungkin diadakan oleh PTN manapun jika PTN tersebut mau menerapkannya. Sesuai dengan Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 126 Tahun 2018 Pasal 12 ayat 2 disebutkan :

Seleksi mandiri yang dilaksanakan PTN menggunakan atau memanfaatkan nilai hasil tes SBMPTN yang difasilitasi oleh Panitia Pusat.

Peraturan tersebut sudah membuktikan jika ujian mandiri memang bisa dilakukan tanpa tes, yaitu dengan melihat nilai ujian. SBMPTN. Tentu saja, jika anda ingin mengikutinya anda harus mengikuti SBMPTN terlebih dahulu.

Sebagai informasi, berikut admin sampaikan 4 PTN yang mengadakan Ujian Mandiri tanpa tes di tahun 2018 :

Daftar PTN yang Mengadakan Ujian Mandiri Tanpa Tes 2018

  • Universitas Airlangga

Logo Universitas Airlangga
Logo Universitas Airlangga.
Image Source : unair.ac.id

Universitas yang berada di ibukota Jawa Timur ini mengadakan seleksi mandiri untuk jenjang sarjana tanpa perlu melakukan tes lagi.  Panitia akan melihat nilai SBMPTN anda nantinya. Tetapi ada hal yang harus anda perhatikan seputar pemilihan jurusan : 

Jika anda ingin memilih jurusan Saintek pada SBMPTN 2018, dan pada akhirnya ingin berlabuh memilih jurusan soshum pada seleksi mandiri maka anda wajib mengikuti ujian SBMPTN campuran. Tidak bisa anda mengikuti 1 jenis ujian (contoh : saintek) pada SBMPTN tetapi pada ujian mandiri anda memilih jurusan yang berseberangan yaitu soshum, begitupun sebaliknya. Pendaftaran ujian mandiri Universitas Airlangga dibuka pada tanggal 4 hingga 11 Juli 2018. Pengumuman akan disampaikan tanggal 19 Juli 2018.

Berikut adalah jadwal lengkapnya :
  • Pendaftaran Online : 4 Juli - 11 Juli 2018
  • Verifikasi Dokumen Pendaftaran : 5 Juli - 11 Juli 2018
  • Pengumuman Lolos Verifikasi Online : 5 Juli - 11 Juli 2018
  • Perbaikan Bagi Calon Mahasiswa yang Tidak Lolos Verifikasi : 5 Juli - 12 Juli 2018 pukul 15.00 WIB
  • Pembayaran Biaya Ujian : 5 Juli - 13 Juli 2018
  • Proses Seleksi : 16 Juli - 18 Juli 2018
  • Pengumuman Hasil Seleksi : 19 Juli 2018
  • Registrasi Mahasiswa Baru : 25 Juli - 27 Juli 2018

Sumber : PPMB UNAIR

  • Universitas Jenderal Soedirman

Logo Universitas Jenderal Soedirman
Logo Universitas Jenderal Soedirman
Image Source : unsoed.ac.id

Jika anda ingin memilih Universitas Jenderal Soedirman dalam pilihan PTN untuk seleksi jalur mandiri yang akan anda ikuti, pastikan terlebih dahulu jika salah satu PTN pilihan anda adalah Universitas Jenderal Soedirman. Peserta dapat memilih maksimal 4 program studi, yang terdiri atas 2 program studi sarjana, dan 2 program studi diploma. Peserta dapat memilih program studi yang berbeda, namun tetap dalam satu kelompok ujian kecuali untuk program studi S1 PJKR.

Pendaftaran Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Universitas Jenderal Soedirman ini mulai dibuka pada tanggal 25 Juni dan ditutup tanggal 6 Juli 2018. Pengumuman akan disampaikan pada tanggal 19 Juli 2018.

Berikut Jadwal Lengkapnya :
  • Pendaftaran : 25 Juni - 6 Juli 2018
  • Pengumuman ; 20 Juli 2018
  • Registrasi : 30 Juli 2018
Sumber : SPMB UNSOED
  • Universitas Sebelas Maret

Logo Universitas Sebelas Maret
Logo Universitas Sebelas Maret
Image Source : uns.ac.id

Untuk mengikuti seleksi mandiri di Universitas ini, pilihan prodi yang diambil boleh tidak sama dengan pilihan prodi saat SBMPTN. Namun tetap dengan catatan kelompok program studi harus sama. 

Contoh jika di SBMPTN anda memilih kelompok ujian saintek, maka untuk pemilihan jurusan seleksi mandiri anda harus memilih kelompok program studi saintek juga. Pendaftaran seleksi akan dibuka pada 26 Juni dan berakhir 7 Juli 2018. Calon mahasiswa yang dinyatakan lolos akan diumumkan pada tanggal 20 Juli 2018.

Jadwal Seleksi Mandiri UNS :
  • Pendaftaran dan Pembayaran Ujian : 26 Juni - 7 Juli 2018
  • Pengumuman : 20 Juli 2018
  • Registrasi : 21 Juli - 26 Juli 2018
Sumber : Seleksi Mandiri UNS


Itulah 3 daftar PTN yang mengadakan ujian mandiri tanpa tes 2018. Jika ada tambahan universitas lain yang juga mengadakan ujian mandiri tanpa tes, akan admin informasikan melalui blog ini.

Semoga sedikit informasi ini bermanfaat bagi semua. Terima kasih.

Komentarlah yang sopan
Jangan spam
Dilarang gunakan link aktif
Dilarang komentar yang menyinggung SARA dan berkonten negatif

Terima kasih :)