March 11, 2018

Alasan Mengapa Pendidikan Penting Bagi Kehidupan Manusia

Pentingnya Pendidikan Bagi Kehidupan Manusia - Pendidikan merupakan hal yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Sadar atau tidak, selama ini manusia benar-benar membutuhkan yang namanya pendidikan. Namun selama ini banyak manusia tak pernah sadar dan justru sangat meremehkan yang namanya pendidikan. Mereka beranggapan bahwa uang adalah yang paling penting, karena kita hidup selama ini dengan uang.

Mungkin ada benarnya, tetapi bukan berarti pendidikan itu bisa dipandang sebelah mata. Bahkan berawal dari pendidikan, uang bisa mengalir ke dalam kantong anda. Setidaknya ada 8 alasan yang membuat manusia membutuhkan yang namanya pendidikan. Apa saja itu?


Alasan Manusia Membutuhkan Pendidikan


Alasan Mengapa Pendidikan Begitu Penting Bagi Kehidupan Manusia
Sumber gambar : pixabay.com

  • Dengan Pendidikan, Manusia Menjadi Cerdas


Tak bisa kita pungkiri lagi, pendidikan diciptakan memang dengan tujuan agar manusia yang mendapatkan pendidikan tersebut menjadi manusia yang cerdas. Dengan pendidikan, membuat orang yang belum tau menjadi tau, membuat orang kurang cerdas menjadi cerdas.

Sudah banyak bukti bahwa pendidikan bisa membawa manusia ke arah kecerdasan baik kecerdasan otak, kecerdasan fisik, dan juga mental. Semua itu bahkan bisa anda lihat di kehidupan sehari-hari

  • Dengan Pendidikan, Anda Menjadi Tidak Mudah Terbodohi


Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa pendidikan bisa mencerdaskan manusia, itu berarti pendidikan juga menghilangkan manusia dari yang namanya kebodohan. Dengan memiliki bekal pendidikan kita bisa berpikir kritis dan tajam sehingga tidak mudah dibodohi dan dimanfaatkan oleh orang lain.

Mungkin selama ini anda sering melihat banyak manusia yang mudah termakan rayuan, hasutan, dan tipuan dari orang lain. Itu karena mereka tidak bisa berpikir secara matang akibat pemikirannya yang pendek karena kurangnya pendidikan.

  • Dengan Pendidikan, Anda Bisa Terhindar Dari Segala Bentuk Kejahatan


Coba anda lihat, siapa yang selama ini menjadi incaran orang-orang jahat untuk melancarkan aksinya? Tentu saja orang-orang miskin dengan latar belakang pendidikan yang rendah. Penjahat merasa mereka lemah dan mudah untuk dimanfaatkan serta dihancurkan.

Berbeda dengan orang yang berpendidikan, para penjahat pasti berpikir ulang untuk melakukan aksinya karena sudah pasti kejahatan mereka akan ketahuan terlebih dahulu yang disebabkan kecerdasan target kejahatannya. Itulah, bukti bahwa pendidikan memang bisa mengurangi resiko manusia dari segala bentuk tindak kejahatan.

  • Dengan Pendidikan, Membuat Segalanya Lebih Mudah


Di dalam hidup ini terkadang seseorang bingung dengan apa yang mereka lakukan selama ini. Bagaimana ya cara membuat ini, bagaimana ya cara membuat itu dan sederet pertanyaan-pertanyaan lainnya. Ada yang mengatakan, ah kan sudah ada yang namanya Google yang bisa menjawab pertanyaan anda. Nah, jika bisa menggunakan fiturnya? Bagaimana jika tidak?

Semua memang berawal dari yang namanya belajar. Tanpa belajar, kita tidak bisa melakukan apa yang kita butuhkan. Dengan belajar apa yang kita belum tau menjadi tau sehingga lambat laun menjadi bisa hingga menjadi seorang ahli. Semuanya berkat pendidikan yang bisa mempermudah segala hidup manusia.

  • Dengan Pendidikan, Karakter Kita Bakal Terbentuk


Jangan hanya mengira bahwa pendidikan bertujuan untuk mencerdaskan otak saja, tetapi pendidikan juga bertujuan untuk membentuk karakter dan juga kepribadian yang baik dalam manusia. Percuma saja anda cerdas tetapi adab masih tak beraturan. Percuma anda pintar tapi sopan santun tak bisa dijaga. Orang pintar memang hebat, namun orang berkarakter dan berkepribadian baik lebih hebat dan luar biasa.

Di dalam kehidupan bermasyarakat orang tidak memperdulikan sepintar apa dirimu, namun orang bakal melihat sebaik apakah dirimu? Bagaimana tingkahmu menghadapi masyarakat? Perbedaan karakter orang yang berpendidikan dengan orang yang tak berpendidikan pasti jelas sekali perbedaannya. Orang berpendidikan lebil beretika,  optimistis, percaya diri, dan lain sebagainya.

  • Dengan Pendidikan, Bisa Mengangkat Harkat dan Martabat


Tak bisa dipungkiri lagi, orang melihat harkat dan martabat manusia dari pendidikan yang ditempuhnya. Hebat ya anak itu, sekarang bisa menempuh kuliah S3 di Jepang, hebat ya orang itu sudah ahli dalam membuat pesawat.

Berbeda dengan orang yang tak berpendidikan yang cenderung lebih dikesampingkan oleh masyarakat. Orang berpendidikan juga dianggapnya lebih kharismatik dan juga bisa memberikan solusi bagi siapapun yang membutuhkan bantuan kepadanya.

  • Dengan Pendidikan, Kita Bisa Meneruskan Cita-Cita Keluarga


Ada satu keluarga dimana ayahnya seorang Dokter memiliki 1 orang anak laki-laki yang juga bercita-cita menjadi seorang dokter. Bagaimana anak tersebut bisa mewujudkan cita-citanya? Apa cukup dengan berdiam diri? Tentu tidak. Anak tersebut harus rajin belajar dan juga mendapatkan pendidikan yang dibutuhkan untuk bisa menjadi seorang dokter.

Anak tersebut harus menempuh pendidikan kedokteran yang panjang yang mengorbankan segala waktu, pikiran, dan tenaganya untuk menjadi seorang dokter sebagai penerus cita-cita keluarga. Dengan begitu, jika suatu saat sang Ayah sudah tiada maka anak bisa menggantikan posisi ayahnya sebagai seorang dokter.

  • Dengan Pendidikan, Bisa Mempermudah Anda Mendapatkan Pekerjaan


Memang, Pekerjaan bisa diperoleh tanpa harus memiliki latar belakang pendidikan yang tinggi. Tetapi untuk mendapatkan pekerjaan dengan kualitas gaji yang tinggi tidak cukup dengan hanya lulusan SMA saja, setidaknya anda harus bergelar sarjana untuk bisa mendapatkan pekerjaan yang layak dengan gaji yang maksimal.

Hal ini terbukti dari banyaknya perusahaan yang mencari karyawan dengan pendidikan minimal sarjana. Gelar sarjana bisa kita dapatkan jika kita mampu melewati pendidikan selama 4 tahun lamanya (bisa lebih kalau terlambat lulus) yang tentunya membutuhkan perjuangan dan juga pengorbanan yang besar.


Baca juga :



Apa yang Harus Dilakukan Saat Gap Year Kuliah? 


Maka dari itu, sebaiknya kita semua menyadari bagaimana pentingnya pendidikan itu. Pendidikan tak harus ditempuh melalui pendidikan formal, masih ada pendidikan non formal yang ada di Indonesia semua bisa anda pilih sesuai kebutuhan anda.

Pendidikan bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun dan dengan cara apapun. Jangan berhenti belajar sampai disini ! Teruslah belajar, belajar dan belajar! Gapailah mimpimu, kejar terus cita-citamu.

Sekian artikel tentang pentingnya pendidikan bagi manusia semoga bermanfaat bagi pembaca.

1 komentar so far

This comment has been removed by a blog administrator.

Komentarlah yang sopan
Jangan spam
Dilarang gunakan link aktif
Dilarang komentar yang menyinggung SARA dan berkonten negatif

Terima kasih :)