February 16, 2018

Cara Mudah Memasang Tombol Share Whatsapp Di Bawah Postingan.

Cara Memasang Tombol Share Whatsapp di Bawah Postingan - Whatsapp sebagai media chat yang memiliki banyak pengguna di Indonesia tentunya menjadi peluang yang baik bagi seorang blogger untuk membagikan artikelnya ke suatu grup whatsapp. Hal ini tentunya berguna untuk meningkatkan trafik pada blog anda.

Bagaimanakah anda membagikan artikel ke grup whatsapp anda? Apa dengan mengcopy url langsung ? Cara tersebut memang bisa dilakukan namun tidak efektif. Anda masih harus mengcopy dan mempaste link ke grup whatsapp tersebut.

Lalu Bagaimana Solusinya?


Dengan menambah tombol share whatsapp pada blog kita. Jadi anda ataupun pengunjung tinggal mengklik tombol WhatsApp ini apabila ingin membagikannya ke teman ataupun ke grup WhatsApp.

Sebenarnya tombol share whatsapp ini bisa anda tempelkan dimana saja. Baik header, di bawah postingan, maupun di  footer. Namun pada kesempatan kali ini, admin akan memberitahu bagaimana cara menambahkan tombol share whatsapp di bawah postingan blog

Bagaimana Cara Membuat Tombol Share Whatsapp Di Bawah Postingan?


1. Hal pertama yang harus anda lakukan adalah membuka html template anda. 

Bagi yang belum paham, admin akan jelaskan caranya.

Loginlah ke akun blog anda. Kemudian pilih menu tema/layout(jika settingan blogger anda berbahasa inggris) kemudian pilihlah edit HTML.


(Jangan lupa melakukan backup terlebih dahulu sebelum memulai pengeditan agar jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan bisa dikembalikan ke asalnya.)

2. Setelah itu masukkan kode ini di dekat tombol sosial share yang lain yang berada di bawah postingan ( biasanya kode tombol share ini berada di bawah kode <span class='bottomshare'> jika tidak ada carilah yang mirip dengan kode tersebut.


Masukkan kode berikut ini tepat di bawahnya

<li class='wa-button'><a data-action='share/whatsapp/share' expr:href='&quot;whatsapp://send?text=&quot; + data:post.title + &quot;%20%2D%20&quot; + data:post.url'><i aria-hidden='true' class='fa fa-whatsapp'/> WhatsApp</a></li>
(Kode tersebut saya ambil dari blog bung frangki)

Apa sudah selesai? Belum. Anda masih harus menambahkan css untuk mempercantik tampilan tombol share whatsapp anda nantinya. Masukkan kode css tombol whatsapp diatas kode </style>
.wa-button{color:#fff;margin:0 auto;padding:0;font-size:14px;font-weight:700}
.wa-button a{color:#fff;margin:0 auto;padding:10px 8px;background:#81FF00}
.wa-button i{font-weight:300;margin:0 5px 0 0}
(Kode tersebut juga saya ambil dari blog bung frangki, namun tidak sama persis saya ubah pada warna  backgroundnya)

jika kode css sudah terpasang, maka langsung bisa diterapkan ke blog anda dan inilah hasilnya :

Cara Memasang Tombol Share WhatsApp Dibawah Postingan.

Apakah tombol share ini membuat blog saya lemot? Tidak. Karena tombol whatsapp ini sama sekali tidak menggunakan kode javascript. Hanya html dan css saja.

Bagaimana apakah sudah bisa memasang tombol share whatsappnya? Jika ada kode error silahkan tanya saja di kolom komentar.

Sekian postingan tentang menambah tombol share whatsapp semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Baca Juga : Cara Mengatasi Komentar yang Tidak Muncul

1 komentar so far

Thanks gan. Izin coba tombol share WA nya

Komentarlah yang sopan
Jangan spam
Dilarang gunakan link aktif
Dilarang komentar yang menyinggung SARA dan berkonten negatif

Terima kasih :)