Belajar Esai Part 3 : Cara Membuat Esai yang Benar

Baca Juga Artikel Berikut Ini

Cara Membuat Esai Yang Benar - Setelah di belajar esai Part 2 sebelumnya telah saya bahas seputar jenis-jenis dan struktur esai, kali ini Blog firdaus akan kembali menjelaskan seputar materi Esai yaitu bagaimana cara membuat esai yang benar. Bagaimana cara membuat esai itu? Simaklah pada penjelasan berikut :


Cara membuat esai yang benar

Baca Juga : belajar esai part 2

Cara Membuat Esai

  • Didahului Menentukan Tema

Tema merupakan inti dari Esai yang akan dibahas. Sebelum anda menulis esai lebih jauh sebaiknya anda tentukan dulu tema apa yang ingin anda gunakan di dalam esai anda. Pilihlah tema menarik pembaca sehingga mereka mau untuk membaca esai yang anda buat.

  • Lakukan Riset

Setelah tema sudah ditentukan saatnya anda melakukan riset untuk mendukung setiap argumen pada esai yang anda buat. Riset bisa dilakukan dengan berbagai cara diantaranya melalui buku, internet, wawancara ke narasumber, dan lain sebagainya. Hasil tulisan tanpa didukung bukti pendukung yang kuat pasti orang yang membacanya tidak akan percaya dan menganggap esai yang dibuat bohong dan omong kosong.

Contoh riset :

Judul Esai : bahaya merokok 
Berarti Anda harus mengetahui dan mengadakan riset tentang hal berikut :

1.  Zat berbahaya yang terkandung di dalam rokok
2. Dampak yang ditimbulkan bagi perokok aktif maupun pasif.
3. Melakukan riset berapa jumlah perokok di Indonesia.

  • Membuat Kerangka Esai

Dalam membuat suatu karya tulis semisal Esai membuat kerangka sangat penting untuk dilakukan. Dengan adanya kerangka mampu mempermudah penulis esai mengungkapkan ide-idenya ke dalam tulisan Esai tersebut. Kerangka esai juga berguna agar tulisan anda tidak melenceng dari ide utama sehingga esai menjadi logis.

  • Jangan Lupakan Tentang Pemilihan Kata

Hal ini sering disepelekan, padahal penggunaan kata yang tepat begitu penting di dalam sebuah esai. Apalagi esai merupakan suatu karya tulis yang bersifat formal. Gunakanlah bahasa yang formal jangan gunakan bahasa yang alay.  Selain itu perhatikan juga target b pembaca. Jika pembaca esai adalah masyarakat umum, gunakan bahasa esai yang formal namun tetap mudah untuk dipahami. Namun jika pembaca esao adalah orang-orang intelektual seperti profesor, doktor, ilmuwan maka gunakanlah bahasa yang ilmiah dan intelektual. Intinya sesuaikan saja dengan pembaca.

  • Mulai Mengerjakan

Setelah keempat langkah diatas telah dilakukan, maka mulailah membuat esai sesuai apa yang telah dijelaskan pada 4 langkah diatas.

Sebagai bonus tambahan, berikut admin akan membagikan contoh penulisan esai yang benar

Manfaat Internet Sebagai Media Penghasil Uang

Internet semakin berkembang dari masa ke masa. Jika dahulu internet hanya digunakan untuk browsing atau mencari informasi di dunia maya, namun kita sudah berbeda penggunaannya. Di zaman sekarang internet juga bisa digunakan sebagai media penghasil uang. Bahkan saat ini banyak seseorang yang beralih profesi menjadi freelancer atau pekerja lepas dengan mencari yang melalui internet seperti online shop, afiliasi, dan juga bekerja di perusahaan online seperti projects.co.id, sribulancer.com, dan freelancer.co.id. Ada beberapa alasan yang membuat internet sebagai media paling tepat untuk menghasilkan uang. Alasan tersebut diantaranya 

Alasan pertama yaitu masalah kemudahan. Dengan bekerja di internet tidak perlu panas-panasan atau hujan-hujanan lagi untuk keluar ke kantor. Selain itu tidak perlu mengeluarkan uang bensin atau uang angkot seperti saat bekerja di kantor. Tinggal duduk manis di depan komputer atau laptop uang sudah mengalir ke rekening. Bahkan hanya berbekal hp android sudah bisa untuk bekerja di internet.

Alasan berikutnya karena internet mampu membentuk jaringan yang luas. Di dunia maya memiliki jaringan yang luas dan tanpa batas. Hal ini cocok bagi pekerja online shop yang ingin memasarkan produknya agar terkenal. Jika dulu masih masih membutuhkan biaya yang sangat mahal untuk mempromosikan produk, tetapi kini telah ada media sosial yang bisa digunakan secara gratis untuk mempromosikan produk sehingga bisa terkenal bahkan sampai ke mancanegara.

Dan alasan yang terakhir mencari uang di internet itu gratis. Untuk mendapatkan penghasilan dari internet tidak perlu mengeluarkan banyak uang. Beberapa perusahaan online yang berdiri saat ini membuka pendaftaran bagi pekerja lepas baru secara gratis tanpa dipungut biaya sepeserpun. Dengan begitu, para pencari uang di internet bisa terus mencari pekerjaan tanpa dibiayai masalah pembiayaan.


Dari hal tersebut bisa diambil kesimpulan bahwa internet bisa digunakan sebagai media untuk menghasilkan uang sangatlah tepat karena beberapa alasan diantaranya masalah kemudahan, mampu membentuk jaringan yang luas, dan juga gratis alias tanpa biaya.

Pembelajaran esai telah admin sampaikan dari Part 1 hingga Part 3. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi siapapun yang membacanya.





Dapatkan Update Artikel Blog Firdaus Melalui Email

Bila pembaca merasa bahwa artikel-artikel di blog Firdaus bermanfaat, pembaca bisa memberikan sedikit donasi melalui Paypal Dana hasil dari donasi tersebut akan digunakan untuk memperpanjang domain Blog Firdaus - Terima kasih.

Comments

Komentarlah yang sopan
Jangan spam
Dilarang gunakan link aktif
Dilarang komentar yang menyinggung SARA dan berkonten negatif

Terima kasih :)