Inilah 10 Dampak Positif dan Negatif Sosial Media bagi Anda

Baca Juga Artikel Berikut Ini

Blog Firdaus hari ini akan membahas mengenai dampak positif dan negatif sosial media. Harus kita akui, jumlah pengguna sosial media semakin meningkat dari tahun ke tahun. Berdasarkan data yang diluncurkan oleh Tetra Pak Index tahun 2017, terdapat sekitar 132 juta orang Indonesia menggunakan internet dan 40% diantaranya sering membuka media sosial. Itu artinya, sekitar 52 juta masyarakat tanah air menjadi penggila sosial media. Tentu jumlah ini bukanlah jumlah yang sedikit.

Sosial Media itu Apa Sih?

Admin yakin sebagian dari anda pasti sudah mengerti apa itu sosial media. Berdasarkan wikipedia, sosial media atau yang juga disebut media sosial diartikan sebagai media daring dimana para penggunanya bisa berpartisipasi, berbagi dan menciptakan sesuatu.

Sementara menurut 2 profesor asal Jerman, Andreas Kaplan dan Michael Haenlein mengartikan  sosial media sebagai suatu kelompok aplikasi berbasis internet yang membangun berdasarkan ideologi dan teknologi Web 2.0 , dan memungkinkan terjadinya penciptaan dan pertukaran user generated content. Beberapa contoh sosial media yang tren pada zaman sekarang diantaranya yaitu facebook, instagram, twitter, google plus, line, dan sebagainya.


Dampak Positif dan Negatif Sosial Media

Dampak Positif dan Negatif Sosial Media

Setidaknya ada 5 dampak positif dan 5 dampak negatif yang bisa anda rasakan ketika menggunakan segala sesuatu yang berkaitan dengan sosial media. Apa saja dampak tersebut?

1. Dampak Positif


  • Menambah Jaringan Pertemanan
Pengguna sosmed tidak hanya berasal dari Indonesia saja, tetapi hampir seluruh dunia menggunakannya. Anda bisa menjalin komunikasi kepada siapa saja tanpa adanya sekat dan batasan. Bahkan kepada orang asing sekalipun bisa melakukan hubungan komunikasi dengan anda melalui media sosial

  • Mempertemukan Keluarga/Teman yang Jauh
Tentu saja anda merasa rindu jika telah lama tidak berjumpa dengan keluarga atau teman yang sudah lama berpisah. Mau bertemu, tetapi alamat rumah tidak diketahui. Dengan adanya sosial media membuat seseorang bisa bertemu lagi dengan orang-orang yang sebelumnya telah lama berpisah. Asalkan mereka memberikan informasi dimana keberadaan mereka melalui media sosial

  • Melatih bersosialisasi
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa medsos dapat mempertemukan orang-orang dari segala penjuru dunia. Anda bisa menjalin komunikasi dan secara tidak langsung hal ini melatih anda untuk bersosialisasi dengan orang lain.

  • Membagikan informasi bermanfaat
Selain tempat mencari kawan, situs jejaring sosial juga sebagai media tempat menyebarkan informasi dengan cepat. Hampir setiap waktu kita sering melihat seseorang yang membagikan informasi melalui situs media sosial seperti facebook atau twitter. Jika yang dibagikan merupakan sesuatu yang bermanfaat hal tersebut tentu saja menjadi sesuatu yang positif.

  • Sebagai Media Promosi Bisnis
Bagi anda yang memiliki sebuah usaha, tidak ada salahnya untuk mempromosikan bisnis tersebut melalui sosial media seperti Facebook. Dengan jumlah pemakai yang besar membuat peluang mendapatkan keuntungan yang besar juga semakin tinggi. Tentu saja anda tidak akan dikenakan biaya sepeser pun.


2. Dampak Negatif


  • Kurang Bersosialisasi di Dunia Nyata

Rata-rata seseorang yang terlalu aktif di sosial media, ia menjadi jarang bersosialisasi kepada teman-teman di sekitar rumahnya. Hal ini disebabkan karena waktunya terlalu didominasi dengan menggunakan  internet.

Tentu saja itu bukan sesuatu yang baik. Coba kurangi waktu anda terhadap internet dan keluarlah untuk bertemu dengan orang-orang sekitar.


  • Kejahatan Dunia Maya

Jangan salah, seorang penjahat tidak hanya sekedar perampok, pencopet, ataupun penjambret jalanan saja. Tetapi di dunia maya, penjahat dunia maya tidak kalah menakutkan dan membuat pengguna sosmed menjadi ketakutan.

Beberapa contoh tindakan kejahatan dunia maya yaitu hacking, cracking, phising, spamming, dan juga carding. Berhati-hatilah dalam membagikan sesuatu, bisa saja para penjahat sedang mengintai diri anda.


  • Menjadi Kecanduan dan Lupa Waktu

Terlalu sering menggunakan media sosial membuat seseorang merasa kecanduan. Ia menjadi lupa waktu untuk mengerjakan sesuatu lain yang lebih penting seperti makan, beribadah, dan bersosialisasi dengan orang-orang sekitar. Waktu menjadi terbuang sia-sia hanya untuk melakukan hal tersebut.


  • Kesehatan Menjadi Menurun

Terlalu sering menatap layar smartphone, laptop, maupun komputer membuat kualitas penglihatan menjadi menurun. Mata menjadi lelah dan memerah sehingga anda bisa saja terserang penyakit rabun jauh.

Seseorang yang terlalu aktif di sosmed juga lupa waktu dan jarang sekali makan. Kurangnya asupan nutrisi membuat kesehatan seseorang menjadi tergangggu.


  • Konten Negatif

Sosial media pada kenyataannya memang banyak mengandung konten negatif yang tidak seharusnya ada. Sebenarnya pihak pengembang sudah melakukan filter terhadap sesuatu yang dibagikan oleh pemakainya. Namun sayang, masih banyak orang yang membagikan sesuatu yang tidak sepantasnya untuk dililhat oleh orang banyak.


Penutup
Jadilah pengguna sosial media yang bijak. Gunakan dan manfaatkan untuk sesuatu yang berguna dan bermanfaat. Semoga sedikit informasi mengenai dampak positif dan negatif sosial media ini bermanfaat bagi anda, silahkan dibagikan jika dirasa bermanfaat :)

Dapatkan Update Artikel Blog Firdaus Melalui Email

Bila pembaca merasa bahwa artikel-artikel di blog Firdaus bermanfaat, pembaca bisa memberikan sedikit donasi melalui Paypal Dana hasil dari donasi tersebut akan digunakan untuk memperpanjang domain Blog Firdaus - Terima kasih.

Comments

Komentarlah yang sopan
Jangan spam
Dilarang gunakan link aktif
Dilarang komentar yang menyinggung SARA dan berkonten negatif

Terima kasih :)